Kawasaki Luncurkan Ninja 250 Terbaru, Ini Fitur Canggih yang Dimiliki

Kawasaki Ninja 250 edisi 2019
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Kawasaki Motor Indonesia (KMI) resmi meluncurkan Ninja 250 edisi 2019 dengan fitur terbaru di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018, di JCC, Senayan, Jakarta. Salah satu fitur menarik yang diusung, yakni terjejalnya smart key atau kunci pintar.

Bisa Cegah Pencurian, Ini Daftar Sepeda Motor yang Sudah Pakai Smart Key

Kunci pintar tersebut dilengkapi teknologi Kawasaki’s Intelligent Proximity Activation Start System (KIPASS). Maka untuk menghidupkan mesin, tak perlu lagi memasukan anak kunci. Sebelumnya, kunci itu sudah digunakan di Kawasaki 1400GTR.

Lantas apakah fitur ini bisa disematkan di Ninja 250 versi lawas? Deputy Head Sales and Promotion Division KMI, Michael Chandra Tanadhi mengatakan, sebenarnya bisa saja bengkel Kawasaki memasang smart key itu di Ninja 250 versi sebelumnya, tapi cukup rumit. Karena ada penambahan komponen.

Jangan Anggap Remeh, Ini Hal Penting Smart Key Motor

“Cukup merepotkan untuk pemasangannya. Kawasaki sendiri menjual smart key ini karena untuk spare parts kalau misalnya ada yang kunci yang hilang. Menambah Rp2 jutaan (harga Ninja yang sudah smart key),” ujarnya di JCC Senayan, Jakarta.

Kawasaki Ninja 250 edisi 2019

Pas Banget, Motor Ninja Jatuh Depan Bengkel Kawasaki

Seperti diketahui, cara kerja kunci pintar ini ketika mendekati motor kurang dari dua meter, FOB smart key akan mengirimkan sinyal kepada KIPASS ECU (engine control unit). Dari KIPASS ECU sinyal lalu dikirim lagi ke ignition switch, sehingga saklar dapat diputar ke mode on, dan motor dapat menyala.

Ninja 250 baru ini hadir dalam empat varian yaitu Ninja 250 Std (Standard) dengan harga Rp61,9 juta, Ninja 250 SE (dengan MDP atau Magnetic Design Painting) Rp69,9 juta, Ninja 250 ABS SE Rp74,1 juta, dan Ninja 250 ABS SE MDP yang jadi varian tertinggi dijual Rp74,6 juta.

“Ubahannya banyak soalnya. Yang masih kunci konvensional saat ini hanya tipe standar (Std). Jadi yang smart key untuk varian special edition (SE) dan ABS,” lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya