Ada Motor Listrik Murah Gaya Scrambler di IMoS, Super Soco Namanya

Super Soco
Sumber :
  • VIVA/Jeffry

VIVA – Pameran Indonesia Motorcycle Show (IMoS) yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Senayan juga diramaikan dengan beragam produk aftermarket.Salah satu perusahaan aftermarket yang mencuri perhatian adalah Mitra 2000 yang dikenal sebagai distributor merek TDR.

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Namun kali ini yang menarik bukan soal aksesoris yang mereka tawarkan, tapi Mitra 2000 memboyong motor listrik bernama Super Soco yang modelnya scrambler. Untuk harganya tipe TS1200R dibanderol Rp36,5 juta dan TC1500 harganya Rp41,5 juta.

Manager Marketing Mitra 2000, Jeffry Willar mengatakan, harga jual itu hanya sebagai gambaran pengunjung saja kalau motor listrik enggak harus mahal. Namun yang perlu diperhatikan, Super Soco dihadirkan di IMoS untuk test pasar, karena beberapa komponennya racikan TDR.

Kemenhub Ingatkan Pemudik Jangan Bawa Motor Listrik Masuk Kapal, Ini Risikonya

"Ini motor dari China, tapi semua kaki-kaki dari TDR seperti ban, velg, selang rem, kaliper, disk brake, suspensi depan belakang. Kami sengaja bawa dua unit ke IMOS untuk test pasar dulu," ujar Jeffry kepada VIVA di JCC, Senayan, Jakarta.

Super Coco

5 Moge Listrik Keren yang Punya Performa Kencang

Menurutnya jika ada pengunjung ngotot mau beli pihaknya akan melepasnya, tapi tentu dengan catatan masih belum bisa digunakan di jalan raya. "Mau enggak mau saya kasih, tapi persyaratannya cuma bisa dipakai di komplek. Karena tidak ada STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)," katanya.

Lebih lanjut, Jeffry menjelaskan sebenarnya bisa ada STNK tapi menunggu regulasi dari pemerintah dulu. Sebab sampai saat ini pajak motor listrik belum jelas, dan surat-suratnya seperti apa juga belum ada ketentuan. Karena motor listrik ini juga belum uji tipe dari pihak terkait.

"Kami juga harus melewati TPT uji tipe dan sebagainya. Kemungkinan besar kami nanti mendirikan dealer untuk menjual motor listrik ini, kalau lulus uji TPT dan regulasinya sudah ada," sambungnya.

Secara dimensi motor listrik asal Tiongkok itu memiliki panjang 1.889 mili meter, lebar 702 mili meter dan tinggi 1.056 mili meter untuk tipe TS1200R. Sedangkan dimensi TC1500 agak bongsor dengan panjang 1.926 mili meter, lebar 710 mili meter dan tinggi 1.100 mili meter.

Untuk tipe TS1200R kapasitas baterai 26Ah, jarak tempuh 60 kilometer. Tenaga motor listriknya 2.400 watt, dan torsi 120 newton meter. Sedangkan TC1500 daya baterainya 30Ah dan jarak tempuhnya 80 kilometer, tenaga dari motor listriknya 3.000 watt dengan torsi 150 newton meter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya