Honda: ABS Belum Cocok Dipakai Semua Motor

Honda BeAT.
Sumber :
  • Astra Honda Motor

VIVA – Fitur keselamatan bernama antilock braking system (ABS) belakangan disebut-sebut akan digenjot penggunaannya di Tanah Air untuk sepeda motor.

Honda Luncurkan Motor Matik Baru

Menurut beberapa penelitian, fitur pengereman tersebut dapat mencegah risiko kecelakaan sepeda motor hingga 27 persen. Oleh sebab itu, Kementerian Perhubungan berencana menerapkan ABS untuk semua jenis motor yang dijual di Indonesia.

ABS sendiri berfungsi untuk mencegah motor tergelincir, saat melakukan pengereman mendadak. Namun Honda punya pandangan sendiri. Menurut pabrikan asal Jepang tersebut, penggunaan ABS tak bisa dipukul rata pada semua jenis sepeda motor.

Mau Beli Motor Bingung soal ABS dan CBS, Ini Perbedaannya

Hal ini disampaikan Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM), Thomas Wijaya kepada VIVA, beberapa waktu lalu, di Kemayoran, Jakarta.

"Di kita, khususnya di Indonesia, kalau kita lihat soal ABS, motor ini kan digunakan masih di jalan raya, bukan jalan tol. Kemudian, kondisi lalu lintas masih banyak ditemukan kemacetan, jadi stop and go cukup banyak. Jadi, saya kira belum terlalu memengaruhi," katanya.

Tarif Angkutan Barang akan Diatur Kemenhub

Saat ini, Honda mengatakan, dari sisi keamanan mereka telah memiliki fitur CBS dan ISS. Teknologi itu jadi beberapa andalan mereka untuk fitur safety.

"Nah, kalau masuk ke segmen lebih premium dan penggunaannya katakanlah di jalan bebas hambatan, ABS itu baru bisa dipakai. Makanya, ABS hanya dibekali pada produk premium," kata dia.

honda

Komparasi Honda Stylo 160 CBS dan ABS

Sesuai dengan fitur yang ditawarkan, Honda Stylo 160 ABS dibanderol dengan harga Rp30.425.000, sedangkan CBS lebih terjangkau di harga Rp27.550.000.

img_title
VIVA.co.id
5 Februari 2024