Honda Bikers Day 2018, 26 Ribu Pemotor Tumpah Ruah di Pangandaran

Honda Bikers Day 2018 di Pangandaran.
Sumber :
  • AHM

VIVA – Ajang yang ditunggu-tunggu bikers Honda akhirnya tiba. Satu dekade Honda Bikers Day (HBD) 2018 digelar Sabtu, 17 November 2018.

Giliran Pangandaran Digoyang Gempa, Terasa Sampai Banyumas dan Kebumen

Sebanyak 26.342 bikers meramaikan rangkaian acara. Pesta puncak dilakukan di Lapangan Ketapang Doyong, Pangandaran, Jawa Barat. Angka itu belum termasuk dengan sejumlah perayaan HBD yang dilakukan di tiga pulau besar di Indonesia. Di mana total melibatkan sekira 33.675 pencinta sepeda motor Honda.

Untuk perayaan puncak di Pangandaran, bikers yang datang terdiri dari beragam wilayah, mulai dari Aceh, sejumlah kota di Sumatera, Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua. Angka ini bahkan melampaui target Honda, yang menyebut-nyebut menargetkan bakal menyedot 20 ribu bikers dalam perayaan HBD 2108.

Ulama dan Kiai di Pangandaran-Ciamis Yakin Ganjar-Mahfud Dapat Benahi Penegakan Hukum di Indonesia

General Manager Marketing Planning and Analysisi AHM A. Indraputra mengatakan perayaan satu dekade Honda Bikers Day 2018 jadi momentum bagi para bikers untuk merayakan kebersamaan mereka yang sudah berlangsung 10 tahun.

Setiap tahun, dikatakan, jumlah peserta rangkaian HBD terus meningkat. “Honda Bikers Day telah menjadi wadah silaturahmi bikers Honda se-Tanah Air. Inilah puncak HBD 2018, 10 tahun kami telah bersama dalam memperkuat persaudaraan sesama bikers,” ujar Indraputra.

Jawaban Menohok Ridwan Kamil saat Disebut Hanya Jadikan Guru Pangandaran Husein Ali Sebagai Konten

Hal senada disampaikan Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya. Kata dia, HBD merupakan hajatan berkumpulnya para bikers Honda yang dapat mencerminkan kekompakan dan kuatnya solidaritas antarpecinta sepeda motor di Tanah Air.

“Untuk acara ini kita juga touring invitation dengan tim yang kita buat bekerjasama dengan Ikatan Motor Honda Jawa Barat. Kita kirim undangan ke beberapa kota, seluruh Indonesia. Termasuk kota-kota yang sempat menjadi tuan rumah HBD pertama sampai ke sembilan,” kata Thomas.

Sekadar diketahui, HBD pertama kali digelar di Pangandaran, Jawa Barat (2009), dilanjutkan di Kiara Payung – Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat (2010), Bromo – Pasuruan, Jawa Timur (2011), Komplek Candi Prambanan, Yogyakarta (2012), Tanjung Tum – Banten (2013), Pantai Pandawa – Bali (2014), Pantai Teleng, Pacitan – Jawa Timur (2015) dan Pantai Boom, Banyuwangi – Jawa timur (2016), Landasan Udara Gading, Gunung Kidul, Yogyakarta (2017).

Yang Beda dari HBD 2018

Pada perayaan puncak HBD 2018 di Pangandaran, gelaran ini diramaikan berbagai aktivitas, mulai dari menampilkan sejumlah kesenian daerah Jawa Barat, lapak bikers, festival makanan laut, hingga mendatangkan artis daerah.

Turut hadir pula Museum Honda Bikers Day yang menampilkan beragam motor bikers Honda dari masa ke masa. Sebagai penutup, acara dimeriahkan penampilan band nasional Shelia On 7.

Ada sejumlah hal menarik yang acap dilakukan tiap HBD digelar. Yakni menggairahkan ekonomi lokal. Dengan besarnya antusias bikers yang datang ke tiap acara HBD, tentu punya dampak positif bagi warga sekitar.

"Kami juga selalu mendekatkan pariwisata. Bisa dilihat dari sejumlah lokasi yang kami pilih, dan kita lebih asosiasikan lebih ke arah pariwisata. HBD selalu melibatkan banyak turis lokal," kata Thomas.

Beberapa usaha kecil yang selalu digandeng di antaranya dengan menggelar lapak bikers, lalu melibatkan pula sejumlah apparel lokal, makanan lokal dan sebagainya.

"Kalau soal hasil kami memang belum ukur, tetapi yang pasti bisa berdampak besar buat masyarakat setempat," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya