Adu Tampang Klasik Motor Royal Enfield Vs Jawa

Royal Enfield Classic 350
Sumber :
  • Motorbeam

VIVA – Berkat pabrikan otomotif Mahindra, produsen sepeda motor Jawa akhirnya kembali berproduksi. Salah satu motor baru yang mereka perkenalkan adalah Jawa 300.

Simak Ubahan Royal Enfield Classic 350 Baru

Dilansir dari Motorbeam, Senin 19 November 2018, kehadiran merek motor asal Cheko tersebut membuat Royal Enfield tidak lagi bisa bersantai-santai. Sebab, keduanya mengusung konsep yang serupa.

Baik motor RE maupun Jawa menggunakan desain yang terinspirasi dari motor klasik. RE mencirikan sepeda motor modern dengan rasa berkendara ala zaman dulu. Sementara, motor buatan Jawa seolah-olah diproduksi tidak lama sesudah Perang Dunia Kedua berakhir.

Jangan Kaget Lihat Harga Royal Enfield Classic 350 Baru di RI

Royal Enfield model Classic 350 dan Jawa 300 memakai lampu berbentuk bulat, ciri khas motor retro. Namun, Jawa berada satu level di atas RE, karena panel instrumennya menggunakan desain analog yang kental dengan unsur masa lalu.

Jawa 300

Royal Enfield Tawarkan Apparel Buatan Indonesia

Soal dimensi, Classic 350 lebih panjang 38 milimeter. Bobotnya juga lebih berat 22 kilogram dari motor buatan Jawa. Namun, jarak poros roda keduanya sama.

Meski berpenamplan klasik, namun motor Jawa memiliki performa lebih besar. Tenaga yang dihasilkan mesin 300cc Jawa mencapai 27 daya kuda dan torsi 28 Newton meter. Sementara, Classic 350 yang memakai mesin 350cc hanya memiliki 19 daya kuda dan torsi 28 Nm.

Alasan motor Jawa lebih bertenaga, karena teknologi yang diusung sudah modern. Mesin motor Jawa sudah memakai pengabutan injeksi dan dibekali dengan empat katup.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya