Jumlah Kepemilikan Motor di Indonesia Belum Seberapa

Pameran sepeda motor IMOS 2016.
Sumber :
  • API Event

VIVA – Jika diperhatikan, setiap hari jalanan di DKI Jakarta dipenuhi dengan beragam kendaraan bermotor. Antre dan saling berebut lajur sudah menjadi pemandangan biasa di Ibu Kota.

Skema Kredit Honda Stylo 160, Cicilan Mulai Rp1,1 Jutaan

Tidak hanya kendaraan berada empat, sepeda motor juga sering memenuhi ruas jalan. Bahkan, jumlahnya jauh lebih banyak.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia atau AISI yang diterima VIVA, Kamis 22 November 2018, setiap tahun ada lebih dari lima juta unit motor didistribusikan dari pabrik ke diler yang ada di seluruh Indonesia.

Daftar Lengkap Promo Sepeda Motor Honda Usai Lebaran

Angka itu bahkan pernah mencapai puncaknya pada 2011 silam, yakni delapan juta unit. Namun kemudian, berangsur-angsur turun menjadi tujuh jutaan unit pada tiga tahun selanjutnya.

Meski demikian, ternyata jumlah kepemilikan sepeda motor di Tanah Air tidak seberapa dibandingkan dengan negara-negara tetangga yang ada di kawasan Asia Tenggara.

Penjualan Motor Bulan Maret Naik, Total Sudah Laku 1,7 Juta Unit Sepanjang 2024

Data AISI menunjukkan, negara dengan jumlah kepemilikan motor terbanyak adalah Vietnam, yakni satu unit berbanding 28 orang. Kemudian, disusul oleh Thailand dengan perbandingan satu unit untuk 37 orang.

Indonesia menempati peringkat ke-3, dengan angka satu unit tiap 44 jiwa. Berikutnya, ada Malaysia yang mencatat angka satu unit per 70 orang.

Filipina ada di urutan ke-5, karena hanya ada satu motor tiap 77 penduduknya. Terakhir dan yang paling kecil jumlahnya, yakni Singapura dengan satu unit untuk setiap 590 penduduk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya