Indonesia Jadi Eksportir Terbesar Yamaha di Dunia

pabrik Yamaha Karawang
Sumber :
  • edorusyanto.wordpress.com

VIVA – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing dipercaya oleh Yamaha Jepang, untuk memenuhi kebutuhan sepeda motor mereka di pasar global. Alhasil, YIMM saat ini menjadi eksportir terbesar di dunia dalam jajaran Yamaha Group, dan juga terbesar di industri sepeda motor Indonesia.

Motor Sport Semakin Tersingkir, Yamaha Belum Menyerah

Ada alasan khusus, mengapa pabrikan berlogo garpu tala itu memutuskan untuk menjadikan Tanah Air sebagai basis produksi terbesar. ?Vice President YIMM Dyonisius Beti mengatakan, Indonesia merupakan negara dengan Sumber Daya Manusia yang mumpuni.

"Pabrik kami sudah punya kemampuan SDM yang mumpuni. Sertifikasi untuk ekspor pun telah terpenuhi. Lalu yang kedua, kualitas kami sudah cukup tinggi dan sesuai aturan dari Pemerintah," katanya di Jakarta Timur, Senin 3 Desember 2018.

Relaksasi PPnBM Berlaku, Gaikindo: Sehari 25 Unit Mobil Dipesan

Mampu melakukan produksi hingga tiga juta unit setahun, Yamaha menjadikan NMAX sebagai model andalan. Motor skuter matik berbodi bongsor itu telah diproduksi hampir 200 ribu unit.

Ekspor perdana Yamaha R25 ke Jepang, Jumat (17/10/2014).

Yamaha Indonesia Hadirkan Motor Baru Rp27 Jutaan

"Jadi, NMAX tidak hanya laris dalam negeri, tapi juga secara global," ujar Dyonisius.

Sebagai informasi, pada 2018, perkiraan ekspor Yamaha Indonesia mencapai 338 ribu unit secara utuh dan rakitan 5,3 juta set, naik 14,7 kali lipat dibanding 2014. 

Kinerja ekspor tersebut secara signifikan memberikan dampak positif bagi ekonomi Indonesia, dengan mencatatkan surplus perdagangan sebesar US$813,6 juta atau setara Rp11,8 triliun. (yns)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya