Harga Batubara Membaik, Honda Motor Ikut Bahagia

Honda Scoopy di pasar motor bekas.
Sumber :
  • VIVA/Pius

VIVA – Tak dapat dipungkiri jika Kalimantan menjadi salah satu wilayah penghasil batubara di Indonesia. Dan seiring dengan membaiknya harga batubara ternyata juga memberikan berkah bagi Astra Honda Motor (AHM).

Honda Brio dan Kijang Innova Kalah Laku dari Mobil Ini

Menurut Region Head HSO Balikpapan, Darma Wijaya, membaiknya harga komoditas termasuk batubara ikut mendongkrak penjualan sepeda motor di wilayah Balikpapan, Berau, Merlak dan Tanjung Selor (Kaltim dan Kaltara).

Tercatat sepanjang Januari hingga November, penjualan Honda tahun ini naik 11 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu. Tahun ini terhitung dari Januari hingga November penjualan mencapai 38 ribu unit.

Rapor Merah Penjualan Mobil Februari 2024

"Tahun ini merupakan rebound atau titik balik dari kondisi tahun-tahun sebelumnya. Tiga tahun sebelumnya hingga tahun lalu, penjualan kami bisa dibilang menyusut karena kurang bagusnya harga komoditas. Nah begitu harga batubara, sawit naik, permintaan juga langsung meningkat dan tahun ini yang terbesar kenaikannya," kata Darma.

Astra Honda Motor berikan bantuan ke SMK N 3 Tanjung Selor, Kalimantan Utara

Penjualan Mobil Lexus Cetak Rekor Baru

Menurutnya, kondisi perekonomian wilayah yang ditopang oleh komoditas memang memiliki dampak yang signifikan terhadap penjualan kendaraan bermotor. Bahkan saat harga komoditas termasuk batubara naik tak sedikit yang membeli dua hingga tiga motor.

Saat disinggung mengenai model yang paling diminati, menurut Darma saat ditemui di Berau Kalimantan Timur, saat ini masih dipegang duo skuter matik andalannya yakni Scoopy dan Honda Vario.

“Skuter matik (skutik) paling banyak diminati, porsi bisa mencapai 70 persen dari total penjualan kami. Setelah itu baru bebek. Sedangkan  dari skutik ini yang banyak diminati itu Scoopy  dan Vario. Scoopy karena memiliki tampilan yang khas (seperti retro),” kata Darma.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya