Jangan Salah, Helm Juga Punya Masa Kedaluwarsa

Helm bekas yang dijajakan pedagang di Jalan Matraman, Jakarta Timur.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasin Fadilah

VIVA – Bukan cuma makanan saja yang punya masa kedaluwarsa. Sebab helm yang acap kita pakai sehari-hari saat berkendara sepeda motor juga punya masa kedaluwarsa.

Helm Pintar Sena Dijual Mulai Rp9 Jutaan, Memang Sepintar Apa?

Salah satu Brand Technical Support merek helm kenamaan di Tanah Air, Irwan, mengatakan, helm juga punya masa pakai. Maka itu konsumen harus memperhatikan dengan benar masa produksi helm saat hendak membeli produk tersebut. Hal ini dikarenakan, masa pemakaian helm hanya lima tahun sejak masa produksinya.

"Normalnya itu pemakaian helm lima tahun sejak masa produksi. Biasanya,ada tanggal produksi yang terletak di dalam helm," katanya.

Cara Merawat dan Cuci Helm Motor yang Benar, Mudak Kok

Sebenarnya, lanjut dia, usia itu berlaku pada bagian styrofoam. Bukan batok helmnya. Apabila telah lewat lima tahun styrofoam tak akan berkondisi baik lagi. Hal ini tentu bakal mempengaruhi performanya saat mengalami benturan. Di mana daya redam tak bakal terlalu bagus.

Saat ditanya apakah konsumen dapat mengganti styrofoam saja, Irwan menegaskan bila hal itu tidak mungkin dilakukan. Karena, styrofoam sudah menempel dengan bodi helm.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

"Harus ganti helm, karena ganti styrofoam itu susah banget. Kalau terkena benturan, tidak disarankan untuk digunakan kembali. karena, styrofoam tidak seperti busa. ketika terkena benturan, styrofoam pasti cekung. kalau terjadi benturan di tempat yang sama, itu sangat berbahaya." (kwo)

Ilustrasi helm motor

Pakai Helm Motor Suka Pusing Kepala? Mungkin Ini Penyebabnya

Helm motor dengan status SNI wajib digunakan oleh pengendara, dan agar nyaman maka ukuran helm harus sesuai dengan lingkar kepala.

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2022