Harga Jutaan Rupiah, Aksesori Asli Vespa Kini Susah Diembat

Acara touring Piaggio-Vespa ke Bromo, Jawa Timur
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Modifikasi sederhana yang umum dilakukan para pemilik kendaraan roda dua, adalah memasang aksesori. Hal ini semata-mata bertujuan, agar tampilan tunggangannya berbeda dari bawaan pabrikan. 

Nih Daftar Aksesori Resmi Honda Vario 160 dan Harganya

Sayangnya, terkadang aksesori yang dipasang jadi incaran tangan-tangan jahil. Terutama, jika aksesori yang dibeli adalah asli. Hal ini diakui oleh Technical Training Manager PT Piaggio Indonesia, Yudi Riswanto. Menurutnya, aksesori Vespa yang harganya jutaan rupiah menjadi godaan para maling untuk mengambilnya. 

"Aksesori Vespa itu unik, terus harganya juga enggak murah. Makanya, waktu awal-awal itu gampang dicuri. Misalnya, floormat, terus fly screen juga ada yang hilang. Soalnya, itu cuma dipasang dan dikencangkan baut," ujarnya di Jakarta, Jumat 21 Desember 2018.

Bikin Motor Trail Makin Keren, Modalnya Lumayan Juga

Ia mengaku, kerap mendapat keluhan dari para pemilik Vespa yang aksesorinya dicuri. Itu sebabnya, Piaggio Indonesia mengembangkan keamanan aksesori orisinal Vespa saat sudah menempel di motor. 

Vespa yang sudah full aksesori.

Jangan Asal Pasang Aksesori Sepeda Motor Kalau Gak Mau Celaka

"Untuk screen Primavera, Sprint, dan LX, sekarang susah dicuri, karena ada pin di dalamnya. Untuk mencopotnya, harus buka fly screen dulu, baru batangnya diputar, baru bisa dicabut. Itu jauh lebih aman, enggak bisa langsung cabut," tuturnya.

Sayangnya, dengan adanya pengaman tersebut, kini memasang aksesori asli Vespa tidak lagi mudah. Pemilik skuter merek Italia tersebut dianjurkan memasangnya di bengkel resmi, untuk memaksimalkan fungsinya.

"Semua aksesori orisinal itu kami lengkapi dengan petunjuk dan kelengkapan untuk pemasangannya. Yang sering terjadi, konsumen beli, mau coba pasang sendiri. Tapi, pas sudah berantakan, baru dibawa ke bengkel resmi," ungkapnya. (kwo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya