Kaleidoskop Otomotif: Lima Motor Matik Baru di 2018

Motor Honda Forza di GIIAS 2018
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Motor jenis matik masih menjadi primadona di pasar otomotif Indonesia. Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia atau AISI, penjualan matik periode Januari sampai November 2018 mencapai 84,5 persen dari 5.929.930 unit.

Pikap Legendaris Bangkit di 2019

Karena pasarnya sangat besar, setiap produsen motor berlomba-lomba merilis produk terbarunya, dengan model yang beragam. Tahun ini, tercatat ada beberapa motor matik terbaru yang resmi diluncurkan.

Mengawali awal tahun, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing merilis Lexi dengan mesin 125cc yang masuk dalam keluarga Maxi. Hebohnya, peluncuran dihadiri pembalap MotoGP, Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

Mobil Amerika Bikin Heboh Indonesia di 2019

Selain itu, produsen motor berlambang garpu tala tersebut juga meluncurkan FreeGo pada Oktober 2018, dengan kapasitas mesin sama seperti Lexi. Harga jual FreeGo Rp18,5 juta sampai Rp22,5 juta.

Yamaha FreeGo

Jokowi dan Jajaran Menterinya Dapat Mobil Dinas Baru Lho

PT Astra Honda Motor mengawali tahun ini dengan meluncurkan PCX 150 terbaru buatan lokal. Banyak perubahan yang cukup signifikan dari versi sebelumnya, dan beragam fitur-fitur canggih juga ditanamkan pada skutik bongsor tersebut.

Dua bulan kemudian, produsen motor berlambang sayap mengepak tersebut menghadirkan PCX Hybrid. Ini menjadi motor pertama di Tanah Air dengan kombinasi mesin bahan bakar dan motor listrik.

Untuk harganya, PCX Hybrid ditawarkan Rp40,3 juta. Sementara, versi mesin konvensionalnya dengan kapasitas 150cc dijual Rp27,8 juta sampai Rp30,8 juta. Dalam waktu bersamaan, AHM juga meluncurkan Vario 125 dan 150 terbaru.

Saat pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show pada Agustus 2018, Honda resmi meluncurkan Forza 250 sebagai pesaing Yamaha XMax. Motor matik yang diimpor utuh dari Thailand tersebut memiliki fitur yang berlimpah, namun harganya mencapai Rp76,5 juta. (yns)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya