Di Negara Ini, Subsidi Motor Listrik Senilai Skuter Matik

Motor listrik Gogoro Smartscooter
Sumber :
  • Dok: Gogoro

VIVA – Dunia otomotif sudah mulai masuk ke era kendaraan listrik. Tak hanya produsen mobil, hampir semua pabrikan sepeda motor juga sudah menawarkan produk yang tidak menghasilkan emisi gas buang.

Kemenhub Ingatkan Pemudik Jangan Bawa Motor Listrik Masuk Kapal, Ini Risikonya

Namun, kendaraan setrum membutuhkan banyak persiapan, sebelum bisa sukses diterima oleh masyarakat. Salah satunya, soal infrastruktur.

Taiwan adalah satu dari sedikit negara di Asia, yang sudah menyiapkan infrastruktur untuk sepeda motor listrik. Terbukti, ada satu motor listrik yang saat ini digandrungi di negara tersebut, yakni Gogoro. Namun, penggunaannya lebih ke arah bisnis, bukan pemakaian pribadi.

Ambisi Militer Tiongkok Menggebrak Dunia: Melampaui Perang Dunia II?

Menurut Direktur Presiden PT Smart Motor Indonesia sebagai agen pemegang merek motor Kymco, Neo Chen, selain karena infrastruktur yang telah maksimal, Gogoro juga sukses berkat adanya subsidi dari pemerintah mereka.

“Gogoro bisa terjual banyak, karena di Taiwan ada subsidi dari pemerintah. Jadi misal satu unit Gogoro harganya Rp50 juta, pembeli hanya perlu membayar Rp35 juta,” ujarnya di Jakarta, Jumat 19 April 2019.

A Taiwanese Man Found Dead After Missing in Thousand Islands

Menariknya, subsidi tersebut bukan berasal dari potongan pajak. Melainkan, produsen mengklaim langsung ke pemerintah. Nilainya setara dengan satu unit skuter matik di Indonesia.

“Di Taiwan, subsidi bukan dari potongan pajak. Kalau misalnya harga Rp50 juta dijual Rp35 juta, berarti kan ada potongan Rp15 juta. Nah, itu nanti diklaim pihak produsen ke pemerintah,” kata dia.

PLN sediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Labuan Bajo

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Pemerintah gencar memacu pengembangan kendaraan listrik karena seiring tren global dalam penggunaan energi ramah lingkungan.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024