2 Fakta Menarik Honda Vario Buatan Indonesia

Honda Vario
Sumber :
  • Navaro

VIVA – Meski sudah 13 tahun berlalu, namun popularitas Vario di pasar sepeda motor Indonesia masih cukup tinggi. Skuter matik buatan PT Astra Honda Motor itu bisa terjual rata-rata 80-100 ribu unit per bulan.

Sepeda Motor Sejuta Umat Jadi Kendaraan Baru Korlantas Polri

Tidak hanya di dalam negeri, motor yang tersedia dalam tiga varian mesin tersebut juga banyak peminatnya di luar negeri. Menurut data yang diterima VIVA dari AHM, Minggu 21 April 2019, ekspor Vario pada 2018 naik 94 persen.

Pada tahun tersebut, AHM mengapalkan 60.308 unit Vario dalam bentuk utuh dan terurai. Sementara pada tahun sebelumnya, hanya 31.008 unit yang dikirim. Dan pada kuartal pertama 2019, jumlah ekspornya sudah mencapai lebih dari setengah pencapaian selama satu tahun di 2018. Yakni, 33.840 unit.

Honda Vario Ini Jadi Sorotan Warganet

“Kami sangat mengapresiasi minat konsumen di luar negeri, terutama di Filipina, terhadap Honda Vario series. Pada tiga bulan pertama 2019 ini, kami menerima lonjakan permintaan,” ujar General Manager Overseas Business Division AHM, Kurniawati Slamet.

Selain diminati di pasar otomotif negara lain, Vario juga menjadi alat transportasi andalan para pencari berita di Jabodetabek. Mulai dari seri pertama buatan 2006 yang masih mengusung mesin 110cc, hingga keluaran terbaru dengan dapur pacu 150cc.

Spesifikasi dan Harga Honda Vario 160 edisi 2024, Sudah Ada di Diler

Mereka bahkan memutuskan untuk membentuk komunitas, yang diberi nama Journalist Vario Owner Community atau Navaro. Anggotanya saat ini sudah mencapai 34 pewarta dari berbagai media.

Seremoni digelar di Kedai Halaman, Jakarta Selatan, Sabtu 20 April 2019. Acara diisi kegiatan safety riding untuk pengendara wanita, yakni informasi perawatan ban oleh Astra Otoparts dan tips seputar helm dari RSV Helmet.

“Kami ingin Navaro bisa memberikan sumbangsih kepada yang lain, tidak hanya menjadi komunitas kumpul-kumpul saja,” tutur El Presidente Navaro, Raju Febrian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya