Motor Pelat Thailand Masuk Jalan Raya Indonesia, Kok Bisa?

Motor berpelat Thailandi di Indonesia.
Sumber :
  • Instagram @agoez_bandz4

VIVA – Setiap kendaraan yang beredar di jalan raya, harus memiliki nomor lisensi atau biasa disebut pelat. Di sana tertera deret angka, serta abjad yang mewakili asal kendaraan tersebut.

Kunjungi Polres Tangerang Pakai Pelat Khusus, DPR: Biar Terlihat Kerja

Di Indonesia, kendaraan dengan pelat dari kota tertentu diperbolehkan masuk ke wilayah lain, sehingga tak heran jika peredarannya menjadi sangat heterogen. Kita dengan mudah menemukan kendaraan berpelat Ibu Kota, di wilayah lain yang letaknya terbilang pelosok.

Tak hanya di Tanah Air, negara lain juga memiliki aturan sendiri terkait pembuatan lempengan registrasi tersebut. Biasanya, ada satu ciri khusus yang memudahkan seseorang mengenali asal kendaraan, seperti jenis aksara yang digunakan, atau penambahan ornamen pada latarbelakang pelat.

Anggota DPR Dapat Pelat Nomor Khusus Agar Mudah Dipantau

Salah satu penghuni kawasan Asia Tenggara lainnya, yakni Thailand, menjadi negara dengan pelat kendaraan yang mudah dikenali. Sebab, mereka memiliki aksara berbeda dibandingkan kebanyakan negara lain, yaitu Akson, yang berasal dari rumpun Brahmi, dengan ciri abjad yang melekuk tak patah.

Akun Instagram @agoez_bandz4 sempat membingkai sepeda motor berpelat Thailand sedang melintas di jalan raya. Menariknya, lokasi yang ia lalui berada di Indonesia.

Pelat Nomor Mobil Ini Bikin Geger Media Sosial

Di dalam gambar, nampak lempengan pelat berbentuk persegi lengkap dengan angka, serta aksara Akson yang tertulis panjang. Tak jelas, apakah tanda registrasi itu benar-benar mewakili kendaraan, atau pemiliknya hanya warga Indonesia yang sekadar iseng belaka.

Jika tujuannya hanya sebatas iseng, apa yang ia lakukan tentu sangat keliru. Sebab, karakteristik pelat tersebut tak sesuai regulasi yang dianjurkan pemerintah. Sehingga, kemungkinan terkena tilang menjadi sangat besar. Maka pantas saja banyak warganet yang tak terima, dan meninggalkan komentar bernada protes.

Semua pengendara di jalan raya, harus taat aturan, bro,” ujar warganet.

“Indonesia kan negara hukum. Boleh lakukan modifikasi, tapi harus sesuai aturan berlaku,” kata yang lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya