Yamaha Bikin Motor Listrik yang Bisa Ngibrit

Yamaha EC-05
Sumber :
  • Electrek

VIVA – Saat merancang kendaraan, salah satu hal yang harus diperhitungkan secara matang, adalah spesifikasi penggeraknya. Hal itu berlaku tidak hanya pada mesin berbahan bakar, namun juga yang menggunakan energi listrik.

Yadea Hadirkan Motor Listrik Sport Fairing

Faktor yang dihitung ada banyak, meliputi kecepatan maksimum dan jumlah pemakaian energi yang dibutuhkan untuk melaju. Pada mesin bensin, hal itu dikenal dengan istilah konsumsi bahan bakar.

Meski memiliki keunggulan dalam hal bebas polusi, namun pada sepeda motor yang mengandalkan energi listrik, daya jelajahnya dengan kondisi baterai penuh masih kalah dengan motor bermesin bensin.

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Kelemahan utama sepeda motor listrik, ada pada dimensinya. Untuk bisa menempuh jarak yang jauh, dibutuhkan baterai dengan ukuran besar dan berat. Dua hal itu membuat motor sulit untuk dikendalikan.

Skuter listrik Yamaha EC05

Kemenhub Ingatkan Pemudik Jangan Bawa Motor Listrik Masuk Kapal, Ini Risikonya

Rata-rata motor listrik yang dibuat dan dipasarkan di kawasan Asia, memiliki jarak tempuh 50 kilometer untuk satu baterai. Kecepatan maksimalnya juga terbatas, hanya di angka 50-60 kilometer per jam saja.

Namun, sebentar lagi bakal hadir motor listrik yang bisa melaju kencang. Dilansir dari Electrek, Jumat 14 Juni 2019, motor yang dimaksud adalah Yamaha EC05.

Bekerja sama dengan perusahaan Gogoro asal Taiwan, Yamaha merancang EC05 sebagai kendaraan pribadi yang bisa digunakan untuk jarak dekat. Desain luarnya dibuat oleh Yamaha, sedangkan sistem penggeraknya murni dari Gogoro.

EC05 dibekali dengan dinamo listrik dan kompartemen yang bisa diisi dua baterai. Kecepatan maksimalnya 95 km per jam, sedangkan jarak tempuhnya 100 km. Rencananya, motor ini bakal resmi dijual mulai Agustus 2019. (kwo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya