Belum Dijual di Indonesia, Motor Ini Sudah Muncul Versi Bajakannya

Motor China Yinben YB-200A
Sumber :
  • Momo Motorbike

VIVA – Selain biaya produksi yang murah, China juga dikenal sebagai pusat dari barang-barang tiruan. Hampir tidak ada barang, yang tidak bisa dibuat jiplakannya di negara tersebut.

Skema Kredit Honda Stylo 160, Cicilan Mulai Rp1,1 Jutaan

Mulai dari perabot rumah, peralatan makan, gawai, bahkan hingga kendaraan, ada versi murahnya di Negeri Panda itu. Pabrikan mobil asal Eropa berkali-kali dibuat repot karena produk mereka dijiplak terang-terangan.

Seperti mobil, sepeda motor juga bisa dibikin replikanya di China. Belasan tahun lalu, produk motor asal China yang mirip dengan salah satu model buatan Jepang, banyak dijual di Indonesia dengan banderol miring.

Daftar Lengkap Promo Sepeda Motor Honda Usai Lebaran

Proses meniru desain tersebut, rupanya masih berlangsung hingga saat ini. Dilansir dari 100kpj, Selasa 18 Juni 2019, korbannya adalah produk baru dari Honda, yakni CB150R Exmotion.

Adalah Yinben, perusahaan asal Negeri Tirai Bambu yang membuat replika dari motor jenis neo cafe racer tersebut. Produknya diberi label YB-200A.

Penjualan Motor Bulan Maret Naik, Total Sudah Laku 1,7 Juta Unit Sepanjang 2024

Sesuai namanya, motor yang wujudnya mirip dengan CB150R itu mengusung mesin berkapasitas 200cc. Sementara, versi aslinya hanya 150cc. Sistem pendinginan motor versi bajakan masih mengandalkan udara, sedangkan versi asli sudah radiator.

Salah satu persamaan antara keduanya, yakni suspensi depan menganut model upside down. Desain pelek, lampu depan dan knalpot juga dibuat serupa. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya