Motor Chopper Ini Ditanam Mesin Langka Milik Yamaha

Motor chopper bobber milik Angga.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA – Bagi pecinta motor klasik, pasti sudah tidak asing dengan Yamaha XS 650. Motor bergaya retro yang diproduksi sejak 1968 sampai 1980-an tersebut jadi barang langka dan kini diburu kolektor. Maka tak heran jika mesin copotannya saja banyak peminat.

Yamaha Meluncurkan Motor Listrik yang Canggih

Salah satunya Angga yang rela pergi ke Solo, Jawa Tengah dari Palembang, Sumatera Selatan hanya untuk memboyong mesin berkapasitas 650cc tersebut. Menurutnya, mesin dua silinder itu cocok untuk basik motor custom.

Selain bertenaga, suara yang dihasilkan juga cukup garang berkat sistem pengabutannya yang masih karburator. Hal itulah yang mendasari Angga menanamkan mesin XS650 untuk motor custom miliknya yang mengusung gaya chopper bobber, hasil garapan bengkel Darman Custom.

Yamaha MX King dengan Ubahan Baru Harganya Rp24 Jutaan

Darman sebagai builder mengaku hanya bermodal mesin XS 650 lansrian 1974 semua komponen motor chopper itu hasil buatannya sendiri. Mulai dari sasis, tangki, swing arm, setang, pelek, dan lain-lain.

Mesin milik Yamaha XS 650.

Tampilan Baru Yamaha Gear 125 Harganya Rp17 Jutaan

“Kecuali knalpot, segitiga atas bawah, dan suspensi model spring di depan dibeli sendiri oleh pemiliknya dari bengkel lain,” ujarnya kepada VIVA, Sabtu 29 Juni 2019.

Ia mengatakan sasis dibuat menggunakan pipa besi dengan ketebalan tiga mili meter dan suspensi belakang rigid, alias tidak ada shock breaker. Pelek pun dirancang dengan bahan dasar alumunium.

“Pelek belakang ukuran 4.50, depan 3.00 dari bahan alumunium saya cetak sendiri, jari-jari juga buat. Tromol pakai bahan pelat baja jadi kuat menahan beban motor,” tuturnya. Angga mengatakan untuk proses pembuatan motor chopper bobber itu memakan waktu empat bulan dengan biaya Rp26 juta, itu pun belum termasuk mesin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya