Yamaha Bongkar Masa Depan Motor Xabre

Yamaha Xabre
Sumber :
  • Foto: VIVA.co.id/Rendra Saputra

VIVA – Xabre menjadi salah satu andalan Yamaha, di pasar motor sport dengan kapasitas mesin 150cc. Hadir dengan tampilan street fighter, peluncuran kuda besi itu dilakukan langsung oleh pembalap andalan Yamaha di MotoGP, Valentino Rossi pada 2016 di Bali.

Motor Sport Semakin Tersingkir, Yamaha Belum Menyerah

Tiga tahun mengaspal di Indonesia, angka penjualan Xabre tidak seperti yang dibayangkan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing sebagai produsennya.

Dilansir dari 100kpj, Selasa 2 Juli 2019, motor yang kerap dipakai untuk melakukan atraksi freestyle itu hanya diminati oleh mereka yang hobi. Saat meluncur perdana, harga jualnya kurang dari Rp30 juta.

Yamaha Indonesia Hadirkan Motor Baru Rp27 Jutaan

Selain tidak menghadirkan versi barunya, YIMM juga tidak mengatrol banyak harga jual motor tanpa standar tengah tersebut. Berdasarkan penelusuran VIVA, saat ini Xabre ditawarkan dengan banderol Rp30,7 juta.

Para pedagang motor bekas juga tidak banyak yang tertarik dengan motor tersebut. Menurut pemilik Rudy Motor di Jakarta Barat, Rudy, nama Xabre di bursa motor bekas kurang populer.

Pakai Warna Baru, Motor Yamaha MT-25 Dibanderol Rp55 Jutaan

“Xabre itu jarang ada yang jual dan beli. Saya jarang mau terima juga, soalnya jarang ada yang beli. Pasarnya sih tetap ada, tapi agak sulit," ujarnya beberapa waktu lalu.

Meski sepi peminat, namun YIMM hingga saat ini masih menjual motor tersebut. Hal itu diungkapkan oleh Asisten General Manager Marketing YIMM, Yordan Satriadi.

“Peminatnya sudah bergeser ke skuter matik dengan dimensi besar, lebih ke arah konsumen hobi. Kami masih harap permintaan dan pasarnya besar, namun ternyata tak sesuai dengan harapan," ujarnya.

"Kami belum ada keputusan (setop jualan). Kalau dilihat sudah enggak ada di diler, berarti sudah disuntik mati. Kalau masih ada di diler, berarti masih ada," kata dia menambahkan. (kwo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya