Lawan Honda Supra, Yamaha Siapkan Teknologi R15

Yamaha Exciter VVA
Sumber :
  • Motosaigon

VIVA – Sudah menjadi rahasia umum, bahwa ada dua pabrikan sepeda motor asal Jepang yang bersaing ketat di pasar otomotif Indonesia. Merek yang dimaksud adalah Honda dan Yamaha.

Sepeda Motor baru Honda Tersedia di Diler, Lebih Irit dari BeAT

Di Tanah Air, Honda mendominasi pangsa pasar kendaraan dengan angka lebih dari 70 persen. Meski demikian, hal itu tidak membuat Yamaha gentar. Pabrikan berlogo garpu tala itu, bahkan menguasai segmen skuter matik bongsor dengan produk NMax,

Rivalitas tersebut ternyata juga terjadi di Vietnam. Dilansir dari 100kpj, Selasa 30 Juli 2019, usai Honda memasarkan Supra GTR 150, Yamaha dikabarkan sedang sibuk menyiapkan pesaingnya.

Daftar Motor Bebek Honda 2023, Ada yang Rp80 Jutaan

Exciter 155 yang dipasarkan di Indonesia dengan nama MX-King, bakal mendapat ubahan yang cukup besar. Yamaha disebut-sebut akan menerapkan teknologi variable valve actuation atau VVA, pada motor bebek tersebut.

VVA bukan teknologi asing bagi Yamaha. Sebelumnya, mereka sudah memasang fitur tersebut pada NMax dan motor sport R15. Fungsinya adalah untuk mengatur bukaan katup, sehingga konsumsi bahan bakar yang masuk sesuai dengan kebutuhan mesin.

SUV Keren Ini Bensinnya Seirit Motor Honda Supra X

Bukan hanya tenaga optimal yang didapat, VVA juga bisa membuat konsumsi bahan bakar motor tersebut lebih irit. Teknologi ini umum dipakai oleh para produsen mobil.

Acara peluncuran akan dilakukan pada Agustus 2019. Namun, hingga kini belum diketahui, apakah teknologi itu juga bakal diterapkan di Indonesia atau tidak. (kwo)

Supra bapak penolong Marc Marquez

'Supra Bapak' Penolong Marc Marquez

 Ada pemandangan kocak saat sesi tes pramusim MotoGP 2024 di Sirkuit Sepang, Malaysia. Momen ini melibatkan seorang marshal dengan Marc Marquez saat motornya mogok.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2024