Alasan Suzuki Jarang Luncurkan Sepeda Motor Baru di Indonesia

Suzuki GSX-R150 dan GSX-R125 Produksi Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA – Selagi pabrikan sepeda motor asal Jepang lain gencar melahirkan produk baru, Suzuki justru terlihat tenang. Pada tahun ini, tak ada model anyar yang diluncurkan, selain penyegaran terhadap beberapa model lama.

Popularitas Skutik Bermesin 110Cc Bakal Digeser Skuter Listrik

Sebenarnya, Suzuki sempat dikabarkan akan mendaratkan skuter matik premium bernama Burgman 125 ke pasar Indonesia. Namun, rencana itu ditunda paling tidak hingga tahun depan. Hal itu juga berlaku untuk New Katana dan DR 150 yang mengalami penundaan kelahiran hingga 2020.

Marketing and Business Development Head PT Suzuki Indomobil Sales atau SIS, Yohan Yahya, menjelaskan mengapa perusahaan terkesan ragu-ragu menjual motor baru di Indonesia.

Sepeda Motor Bebek Lawas Ini Harga Bekasnya Bikin Kaget

Menurutnya, kompetisi pasar roda dua sudah dikuasai jenama besar asal Jepang lainnya. Sehingga, untuk menceburkan diri ke persaingan sejenis, perlu pengamatan matang.

“Kami sadar, bahwa (perusahaan) kami tidak terlalu besar. Jadi sebelum memasarkan produk, harus melihat dulu, model apa yang sekiranya diminati konsumen. Karena jika kami yang kecil ini salah langkah, itu pasti akan menjadi masalah,” terang Yohan kepada VIVA.co.id di kawasan Tangerang Selatan, beberapa waktu lalu.

Bocoran Sepeda Motor Baru Suzuki untuk Tahun 2021

Yohan menuturkan, keputusan Suzuki menunda kelahiran motor anyar bukan untuk menghindar dari persaingan. Melainkan, kata dia, perusahaan sedang mempersiapkan diri serta menyempurnakan produk, supaya ketika dipasarkan motor itu bisa bersaing dengan model buatan pabrikan besar lain.

“Mungkin orang bertanya-tanya (mengenai peluncuran motor baru Suzuki), kok lama sekali? Siapa pun kalau ada di posisi kami, pasti berhati-hati. Kami terus melakukan pengamatan pasar,” kata dia. (ase)

Bocoran motor baru Suzuki yang akan meluncur pekan depan di Thailand

Pekan Depan Suzuki Luncurkan Motor Baru

Suzuki dikabarkan akan meluncurkan versi baru dari motor yang masuk dalam kategori sport fairing, yakni Gixxer SF 250 di Thailand.

img_title
VIVA.co.id
17 Maret 2021