Menanti Kehadiran Skutik Suzuki 250cc, Rival XMax dan PCX

Suzuki Burgman.
Sumber :
  • Motorcycle

VIVA – Pasar sepeda motor jenis skuter matik di Indonesia, tidak hanya mendominasi di kategori kapasitas mesin rendah saja. Dua produsen ternama, yakni Honda dan Yamaha sudah mulai meraih porsi besar di kelas 250cc.

Daftar Motor Matik 250cc Terbaru di Indonesia, Mulai Rp60 Jutaan

Honda Forza 250 dan Yamaha XMax, mulai menggeser popularitas motor-motor yang masuk dalam segmen sport, seperti CBR250 dan R25. Bahkan, Suzuki juga enggan meluncurkan GSX versi 250cc.

Department Head of Sales and Marketing PT Suzuki Indomobil Sales divisi roda dua, Yohan Yahya mengatakan, pasar motor sport 250cc saat ini semakin tergerus, akibat adanya perubahan tren.

Motor Yamaha Xmax Baru Siap Meluncur, Bakal Ganggu Penjualan Honda Forza

Awalnya, pangsa pasar motor itu mengandalkan konsumen yang ingin naik kelas dari motor berkapasitas mesin 150cc, baik itu jenis skuter matik, sport maupun bebek.

“Orang beralih ke model lain, dibandingkan sport 250. Larinya dominan ke matik,” ujarnya di Jakarta, Minggu 29 September 2019.

Buatan Pulogadung, Mesin Yamaha XMAX Baru Lebih Ramah Lingkungan?

Itu sebabnya, kata Yohan, saat ini produsen yang tertarik menghadirkan skuter matik 250cc mulai bertambah jumlahnya. Tak hanya itu, desainnya juga semakin mengikuti selera konsumen masa kini.

“Makin ke sini makin lebih aerodinamis. Kalau dulu gemuk-gemuk, sekarang sudah mulai lancip-lancip bentuknya. Banyak mulai yang enggak gemuk,” tuturnya.

Suzuki juga tertarik bermain di segmen tersebut. Namun, Yohan memastikan bahwa model yang bakal dihadirkan berbeda dari Burgman, yang dulu pernah mereka jual.

“Model sudah berubah. Semua sudah berubah. Begitu momennya tepat, kami akan masuk,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya