Cara Baru Sosialisasi Keselamatan Berkendara, Lewat Film

Cuplikan film City Night Ride Tambul.
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Kampanye keselamatan di jalan raya sudah gencar dilakukan sejak lama. Meski demikian, masih saja banyak kecelakaan yang terjadi, dan umumnya dialami oleh para pengendara sepeda motor.

Perjuangan Dinda Kanyadewi Main Film Badarawuhi di Desa Penari, Make Up sampai 6 Jam

Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari tidak mematuhi aturan lalu lintas, hingga kurangnya konsentrasi. Nah, jika sebelumnya sosialisasi dilakukan dalam bentuk praktik dan teori, kini hadir teknik baru.

Teknik yang dimaksud, adalah mengajarkan masyarakat akan pentingnya keselamatan saat berkendara, melalui film mini seri yang diberi judul  City Night Ride Tambul (Tangga Menuju Bulan).

Prilly Latuconsina Angkat Bicara Soal Film Horor Religi Indonesia yang Sedang Ramai Disorot

Produser film tersebut, Alfriandy Yuldyanto menjelaskan, film ini terinspirasi dari salah anggota komunitas yang ingin mendapatkan motor impian, hanya dalam waktu tiga bulan.

"Ini terinspirasi dari kisah nyata, yang kami kembangkan. Juga untuk bisa menyampaikan pesan-pesan keselamatan," ujarnya di Jakarta, Sabtu malam 9 November 2019.

Heboh Soal Film Kiblat, Ustaz Adi Hidayat: Jangan Bertentangan dengan Moral

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua KTM Owners Community Indonesia (KOCI) itu mengatakan, City Night Ride Tambul bisa disaksikan melalui laman berbagi video YouTube.

Uniknya, tema keselamatan berkendara yang diangkat akan berbeda-beda setiap serinya. Misalnya, bermain gawai atau merokok sembari mengendarai motor.

“Tema yang diangkat sangat melekat dengan keadaan sehari-hari," tuturnya.

Sementara itu, pegiat safety riding sekaligus Direktur PT Sadewa Bumi Rotawu, Indra Prabowo mengungkapkan, film ini akan berdampak besar pada pola pikir para pengendara motor. Sebab, pesan disampaikan dengan gaya yang menjadi ciri khas bikers.

"Kami percaya, bahwa film ini mempunyai nilai menarik untuk diteladani dalam menyebarkan virus keselamatan berkendara," jelas Indra.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya