Ada Kode Tanggal pada Ban Motor, Bukan Tanda Kedaluwarsa

Ban motor.
Sumber :
  • Yasin Fadilah/VIVA.co.id

VIVA – Sama seperti kampas rem, ban sepeda motor juga memiliki masa pakai. Semakin sering motor dikendarai, maka ban juga akan semakin cepat tipis karetnya.

Pentingnya Tekanan Angin Ban Motor yang Tepat

Jika sudah mencapai titik maksimum, maka pemilik mau tidak mau harus menggantinya dengan ban baru. Jika tidak, maka bisa menyebabkan kecelakaan, akibat hilangnya traksi pada permukaan jalan.

Ketika memilih ban baru untuk sepeda motor, terkadang pada dinding ban terpampang angka khusus yang menunjukkan kapan karet bundar itu diproduksi. Angka itu biasanya dihadirkan dalam bentuk kode, yakni empat digit angka.

Siap-siap Kaget, Ini Efek Campur Nitrogen dengan Angin Biasa di Ban Motor

Dilansir dari laman resmi Suzuki, Jumat 6 Desember 2019, cara membaca kode tersebut cukup mudah. Dua angka pertama, menunjukkan pekan ban dibuat. Sementara, dua angka berikutnya menandakan tahun pembuatan.

Sebagai contoh, jika pada ban tertulis angka 0218, maka itu berarti ban diproduksi pada pekan kedua di 2018, yakni pertengahan Januari.

Tak Banyak yang Tahu, Ini Penyebab Ban Motor Baru Terasa Licin

Namun, muncul anggapan bahwa angka tersebut juga sebagai penanda masa kedaluwarsa dari ban. Menurut pihak Suzuki, tidak ada istilah tersebut.

Meski demikian, bukan berarti kita bisa sembarangan memilih ban. Saat berada di toko, pastikan ban diambil dari tempat yang teduh dan tersimpan rapi.

Jika toko memajang ban baru di luar ruangan dan terpapar sinar matahari, maka sebaiknya kamu mencari toko lain yang lebih bisa dipercaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya