Kontribusi AHM untuk Negeri Wujudkan SDM Unggul

Direktur AHM Markus Budiman Bersama Siswa Pemenang AHMBS 2019.
Sumber :

VIVA – Menutup tahun 2019, PT Astra Honda Motor (AHM) mencatatkan berbagai kegiatan kontribusi untuk negeri mengantarkan anak bangsa menjadi SDM unggul. Kegiatan tersebut teraktualisasikan dalam bentuk 4 pilar yaitu Pendidikan (Sekolah Satu Hati), Lingkungan (Bumi Satu Hati), Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Ladang Satu Hati) dan Pilar Kesehatan (Balai Satu Hati).

Instruktur Safety Riding AHM Raih Prestasi Gemilang di Ajang Internasional

Dalam menjalankan kegiatan tersebut, AHM berkolaborasi dengan Sahabat Satu Hati yaitu kelompok hobbies pecinta sepeda motor Honda yang memiliki kepedulian sosial. Dalam payung Sekolah Satu Hati, didukung Yayasan Astra Honda Motor, AHM bersinergi dengan pelajar dan mahasiswa untuk mengampanyekan keselamatan berkendara dengan cara kekinian dari blogging, vlogging, hingga gaming.

Kegiatan terwujud dalam kegiatan Safety Riding Camp (26-27/2) di Jakarta dan Cibubur, Student Camp (23-24/4) di Bandung, dan Lomba Film Pendek Nasional bertema Keselamatan berkendara (28/11) yang dipusatkan di Surakarta.

Cara Honda Bikin Pengguna Sepeda Motor Aman di Jalan

AHM bersama jaringan main dealernya juga mengadakan lomba bergengsi tahunan yang diikuti perwakilan generasi muda terbaik se-Indonesia yaitu AHM Best Student dan Astra Honda Technical Skill Contest. AHM Best Student menguji kompetensi wirausaha dari bisnis yang sudah dijalankan pelajar. Sementara itu, Astra Honda Technical Skill Contest menguji kemampuan teknis para siswa 689 SMK mitra binaan yang telah mendapat pelajaran Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (KTBSM) Astra Honda. 

Dalam pilar lingkungan AHM berkolaborasi dengan manajemen tol Cipali menanam pohon di ruang terbuka hijau (RTH) di jalur tol Cipali pada awal tahun. Selain itu, bersama penggiat lingkungan, AHM melakukan penanaman mangrove di Pantai Segarayajaya Bekasi Jawa Barat (30/10).

Totalitas AHM Mengikuti Kompetisi Safety Riding di Luar Negeri

AHM juga melakukan program penanaman 4.000 pohon langka dan pohon buah di Kampung Cidadap, kabupaten Bandung Barat Jawa Barat (3/12) dan akan ditutup di Pantai Tandarabun di area Pulau Samosir, Danau Toba, Sumatera Utara (15/12).  

Duta Safety Riding

GM Corporate Communication PT AHM Ahmad Muhibbuddin bersama Siswa SMK Mencoba Honda Riding Trainer.

Direktur AHM Markus Budiman mengatakan dalam menjalankan bisnisnya, perusahaan ingin berkolaborasi dengan masyarakat membangun negeri mengantarkan anak bangsa menjadi SDM unggul di berbagai bidang, baik di bidang pendidikan maupun ekonomi. 

“Kami ingin mencetak duta safety riding sebanyak mungkin dari dunia pendidikan, khususnya generasi milenial. Dari pendidikan, kami juga ingin berkontribusi menyiapkan alumni SMK yang terampil, unggul, dan kompetitif. Kami berharap kontribusi kami untuk bangsa dapat berkelanjutan dan mampu menginspirasi yang lain,”ucapnya.    

Pada pilar pemberdayaan ekonomi, perusahaan mengimplementasikan melalui Astra Honda Youthpreneurship Program (AHYPP). Program ini mengajak alumni SMK yang telah menjalankan usaha bengkel minimal satu tahun untuk dilatih mengembangkan usaha bengkel dengan lebih berkualitas, cakupan usaha lebih luas, dan memiliki manajemen usaha yang lebih baik. Hingga saat ini AHM telah membina 39 bengkel binaan lewat AHYPP yang tersebar di Indonesia.

Pemberdayaan ekonomi juga berlangsung di Kampung Labirin Astra Honda. Kampung ini membina warga di Kampung Kebon Jukut di Baranangsiang Bogor agar lebih berdaya secara kolektif di bidang ekonomi berbasis pariwisata  seperti kuliner, seni angklung hingga wisata air.  

Dalam pilar kesehatan, tahun ini AHM memfokuskan pada pengembangan posyandu di sekitar perusahaan. Program ini dilakukan dengan membagikan lebih dari 18.000 Paket Makanan Tambahan untuk balita sepanjang 2019, bekerjasama dengan 18 posyandu di area Cikarang dan Karawang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya