Polisi Izinkan Warga Biasa Ini Naik Motor Tanpa Helm

Zakir, pria India yang memiliki ukuran kepala lebih besar dari helm
Sumber :
  • Indiatoday

VIVA – Setiap pengendara sepeda motor diwajibkan mengenakan alat pengaman kepala, yakni helm. Hal itu berlaku di seluruh dunia, termasuk India.

5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024

Jika tidak dipatuhi, maka siap-siap ditilang dan harus membayar denda yang nilainya cukup besar. Namun, pria yang satu ini mungkin menjadi satu-satunya warga yang diizinkan oleh polisi India untuk tidak mengenakan helm.

Dilansir dari Indiatoday, Senin 16 Desember 2019, pria bernama Zakir tersebut awalnya terkena razia polisi di Gujarat. Ia dihentikan, karena tidak mengenakan helm.

Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL

Saat polisi hendak mengeluarkan surat tilang, Zakir menjelaskan alasan mengapa ia tidak mengenakan alat pengaman kepala.

Zakir mengatakan, ia sudah mencari ke banyak toko di India, namun tidak berhasil menemukan helm yang sesuai dengan ukuran kepalanya.

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024

Rupanya, ukuran kepala Zakir melebihi orang rata-rata. Produsen helm tampaknya tidak ada yang sadar, bahwa ada beberapa orang di dunia yang memiliki ukuran kepala besar.

Mendengar alasan itu, polisi tidak percaya. Zakir kemudian diminta mengenakan helm, dan ternyata memang tidak muat.

Melihat dilema tersebut, akhirnya petugas memutuskan untuk tidak menilangnya. Zakir menjadi salah satu warga, yang diperbolehkan mengendarai motor tanpa helm.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya