Konsumsi BBM Honda PCX 150 Tembus 60 Km per Liter

Honda PCX 150
Sumber :
  • Dok: AHM

VIVA – Meski sudah dirancang secanggih mungkin, namun konsumsi sepeda motor jenis skuter matik umumnya lebih boros dari bebek. Penyebabnya, ada tenaga yang hilang saat roda diputar oleh continuous variable transmission atau CVT.

Cerita Ari Wibowo, Touring Motor sampai Norwegia

Jika rata-rata konsumsi bahan bakar motor bebek bisa lebih dari 60 kilometer per liter, skuter matik biasanya hanya bisa mencapai angka 45-55 km per liter. Namun, ternyata hal ini tidak berlaku untuk skuter matik Honda PCX 150.

Dibekali mesin satu silinder berkapasitas 150cc, PCX menggunakan teknologi enhanced Smart Power yang mampu memberi efisiensi bahan bakar. Tapi, kuncinya bukan hanya di situ.

Nusa Dua Bali Mulai Dibanjiri Motor Vespa

Saat mengikuti acara PCX Luxurious Trip 2019 di Bali belum lama ini, VIVA.co.id berkesempatan menjajal efisiensi motor matik bertubuh bongsor tersebut.

Total jarak yang ditempuh mencapai 393 km, mulai dari Denpasar menuju kawasan Menjangan, lalu kembali lagi. Perjalanan dilakukan selama dua hari, dengan melewati berbagai kondisi jalan.

Vespa World Days 2022, Polri Imbau Pecinta Vespa Patuhi Lantas

Tidak semua rute memiliki jalan datar dan mulus, ada beberapa kelokan dan tanjakan. Kondisi lalu lintas juga tidak selalu lengang, terkadang rombongan terjebak kemacetan.

Saat tiba di Menjangan, konsumsi bahan bakar yang ditunjukkan multi information display ada di angka 59 km per liter. Ketika kembali ke Denpasar, di tempat istirahat pertama angkanya mencapai titik paling irit, yakni 60,2 km per liter.

Namun, untuk bisa mendapatkannya tidak mudah. Bukaan gas harus diatur sesuai kondisi jalan, tidak asal kencang. Ketika menemui tanjakan yang menikung, ambil ancang-ancang dari bawah agar tenaga tidak hilang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya