Begini Cara Mudah Cek Air Banjir Masuk ke Mesin Motor

Ilustrasi ganti oli motor.
Sumber :
  • Rideapart

VIVA – Banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya pada Rabu 1 Januari 2020, membuat banyak warga kaget. Hujan yang turun sejak dini hari, membuat banyak kawasan tergenang cukup tinggi.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Bahkan, ada yang ketinggian airnya mencapai lebih dari dua meter. Seluruh kendaraan yang terparkir, otomatis tertutup air hingga nyaris tidak terlihat.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika menyatakan, curah hujan di kawasan Indonesia masih terbilang tinggi hingga beberapa hari ke depan. Masyarakat diminta waspada, akan kemungkinan adanya genangan air di beberapa titik.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Kendaraan menjadi sangat rentan, apabila harus berhadapan dengan banjir. Meski didesain untuk terpapar hujan, namun bagian dalam mesin harus bebas dari air, kecuali yang berasal dari radiator.

Jika air sampai masuk ke ruang mesin, maka efeknya akan fatal. General Manager Federal Oil, Sri Adinegara mengatakan, komponen mesin bisa rusak apabila ada air masuk ke dalamnya.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Jika dipaksa berjalan dengan kondisi tersebut, maka air akan menimbulkan efek korosi. Alhasil, komponen menjadi cepat rusak.

Ilustrasi naik motor saat hujan

Adinegara menjelaskan, ada cara mudah untuk mengetahui apakah air masuk ke dalam bagian mesin. Yakni, dengan memeriksa kondisi pelumasnya.

Jika pelumas atau oli mesin berwarna putih, maka dipastikan telah bercampur dengan air. Satu-satunya yang bisa dilakukan, adalah menggantinya dengan yang baru.

"Kami sangat prihatin dengan bencana banjir yang terjadi di awal tahun ini. Kami memahami, bahwa konsumen di Jakarta dan sekitarnya menggunakan motor untuk beraktivitas setiap hari,” ujarnya di Jakarta, Kamis 9 Januari 2020.

Untuk membantu para pemilik motor, Federal Oil menggelar kampanye #SolusiMotorSetelahBanjir. Program ini dimulai 8-12 Januari 2020, di mana konsumen cukup membayar paket ganti oli Rp10 ribu di tujuh Super Federal Oil Center yang ada di Jabodetabek.

Berikut daftarnya:

Jakarta

Adi Motor Jln. Palmerah Barat No. 50, Jakarta Barat

Angkasa Motor Jln. Indraloka 2 No. 46 Jelambar, Grogol Petamburan

Tangerang

New Rejeki Motor Jln. Raden Saleh No. 15, Karang Tengah

Harapan Jaya Motor Jln. Haji Mencong 8 No. 110

Cendana Motor Jln. Graha Raya Bintaro Raya, Ruko G1/3A

Bekasi

Donna Motor Jln. Kalibaru Timur No. 20

Serba Motor Jln. Raya Hankam, Pondok Melati

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya