Alat Ini Bisa Sembuhkan Vespa yang 'Sakit'

Diler baru Vespa di Rawamangun, Jakarta Timur
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati

VIVA – Berbeda dengan zaman dulu, saat ini hampir semua hal berhubungan dengan teknologi. Mulai dari telepon genggam, hingga kendaraan yang kita kendarai setiap hari.

Vespa 140th of Piaggio: Edisi Terbatas Merayakan 140 Tahun

Kemajuan teknologi juga berdampak pada para teknisi yang bekerja di bengkel resmi. Mereka harus memahami dan menguasai cara kerja perangkat elektronik yang ada di sepeda motor maupun mobil, untuk bisa mengetahui kerusakannya.

Meski masalah yang muncul bisa saja sama, namun kini cara mengetahuinya jauh lebih mudah. Seperti yang diaplikasikan oleh Piaggio, pada produk Vespa mereka.

Babe Cabita Meninggal Dunia, Vino G Bastian Kehilangan Teman Motoran Bareng

Service Manager PT Piaggio Indonesia, Feby Ferdian mengatakan, semua mekanik yang bekerja di bengkel resmi Vespa telah mengikuti pelatihan khusus. Hal itu dilakukan, untuk memastikan kualitas perawatan dan perbaikan sesuai standar.

Baca Juga: Pemotor Ini ‘Minta’ Banget Ditilang

Piaggio Sediakan Promo Servis Motor dan Suku Cadang selama Libur Lebaran

“Semua teknisi sudah kami latih selama 10 hari. Mereka kami ajarkan, bagaimana proses perawatan motor. Kami jamin, teknisinya berkualitas,” ujarnya di Jakarta, belum lama ini.

Untuk memudahkan teknisi melakukan pekerjaannya, produsen motor asal Italia itu menyematkan fitur Piaggio Advanced Diagnostic System atau PADS pada setiap produk mereka.

Sebuah alat akan dihubungkan ke motor melalui soket khusus yang ada di setiap model. Kemudian, komputer motor mengirim data ke alat tersebut, yang lalu dikirim melalui jalur Bluetooth ke laptop.

Melalui layar komputer jinjing, teknisi bisa mengetahui banyak soal kondisi motor tersebut. Mulai dari suhu mesin, berapa kali kunci kontak diaktifkan, hingga kerusakan yang mungkin terjadi pada salah satu komponennya.

“Kami ada alat khusus, namanya PADS. Sama seperti di mobil, kalau ada masalah sama unit, kami tinggal colok PADS. Nanti, ketahuan ada masalah apa,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya