Mahalnya Motor Ini, Kok Tiap Tahun Laku Ratusan Unit di Indonesia

Honda CMX500 Rebel.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dian Tami Kosasih

VIVA – Setiap tahun, ada sekitar enam juta unit sepeda motor yang terjual di Indonesia. Dari jumlah itu, sebagian kecil merupakan model yang banderolnya fantastis.

Sepeda Motor Baru Royal Enfield Ini Harganya Rp50 Jutaan

Kendaraan mahal itu, masuk dalam segmen motor gede atau moge, dan nilainya per unit bisa lebih dari Rp100 juta. Salah satunya, Honda CMX 500 Rebel yang ditawarkan dengan banderol Rp169 jutaan.

Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor, Thomas Wijaya mengatakan, moge yang mengusung desain cruiser seperti Rebel, memang disukai orang Indonesia.

Vespa Semakin Populer di Indonesia, Ini Daftar Harga Terbarunya

"Tidak murah, tetapi memang model cruiser diminati konsumen big bike di Indonesia. Minimal bisa 200-300 unit per tahun," ujarnya di Jakarta, Rabu 5 Februari 2020.

Thomas mengakui, awalnya mereka tidak memprediksi bahwa pangsa pasar moge di Tanah Air cukup besar. Saat pertama resmi menjual moge di 2015, angkanya di bawah 300 unit per tahun.

Cara Beli Harley-Davidson dengan Harga Lebih Murah

“Ternyata, tiga tahun terakhir kami punya peminat 500-600 (per tahun). Suatu saat, bisa sampai lebih dari 1.000 mungkin, atau lebih dari itu," tuturnya.

Sementara itu, motor petualang yang di awal hadirnya big bike mencatat penjualan paling banyak, yakni CB500X, kini mulai menyusut pasarnya.

"Momentumnya tidak langgeng setiap saat, seperti Rebel. Jadi, kalau Rebel bisa dikatakan stabil ya, kalau CB500X jualannya bisa separuhnya Rebel per tahun," ungkapnya.

Produk yang menjadi unggulan atau flagship dari AHM di kelas moge, yakni Africa Twin dan CBR1000RR Fireblade, diketahui hanya laku 5-8 unit per tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya