Motor Ini Diubah dengan Kearifan Lokal

Bodi sepeda motor terbuat dari rotan.
Sumber :
  • Instagram @ics_infocegatansolo

VIVA – Sepeda motor tidak hanya dipakai oleh mereka yang tinggal di kota besar saja. Kendaraan bermotor roda dua itu juga banyak dimanfaatkan, oleh kaum pekerja di pelosok.

Pengemudi Sedan Tabrak 5 Orang di BSD, 1 Diantaranya Tewas di Tempat

Oleh mereka, kuda besi itu dipakai untuk menuju ladang dan mengangkut hasil perkebunan. Jangankan mulus, jalur yang dilalui belum tentu datar. Terkadang, motor harus melintasi jalan setapak yang dipenuhi semak dan ranting.

Sudah tentu, bodi motor jauh dari kata mulus. Goresan dan baret menjadi pemandangan biasa. Bahkan, tidak mustahil bodi pecah akibat menahan beban yang terlalu berat.

Puluhan Orang Didenda Gara-gara Mencuci Mobil

Untuk mengatasi hal itu, seorang pemilik motor memutuskan melakukan modifikasi pada bagian bodi. Dilansir dari laman Instagram @ics_infocegatansolo, Rabu 19 Februari 2020, seluruh bagian plastik yang ada, diganti dengan material yang berasal dari alam, yakni rotan.

Dengan tingkat kelenturan yang tinggi, tidak sulit untuk membuat bodi motor dari rotan. Selain itu, bobotnya juga lebih ringan dari kayu. Tanaman ini bisa tumbuh dengan cepat, dan banyak tersedia di kawasan Asia Tenggara.

Pesanan Honda Stylo 160 Membeludak

Motor hasil modifikasi ini menggunakan penutup atau bodi dari rotan di bagian depan, samping hingga belakang. Bahkan, spatbor depan juga dibuat dari material yang sama.

Meski lebih kuat dari kayu dan plastik, tapi rotan juga memiliki kelemahan. Jika dikupas, maka batang rotan rentan rusak apabila terkena air. Jika itu terjadi, maka akan muncul jamur.

Modifikasi yang diperkirakan dilakukan bukan di Indonesia itu, mendapat beragam tanggapan dari warganet. Ada yang melontarkan pujian, dan ada juga yang penasaran di mana bisa mendapatkannya.

“Beli dimana ya?” tanya warganet.

“Body antipecah dengan kearifan lokal,” tulis pemilik akun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya