5 Kesalahan saat Touring Naik Motor yang Bisa Jadi Malapetaka

Ilustrasi touring sepeda motor.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Touring dengan motor memiliki sensasi dan kenikmatan tersendiri bagi sebagian orang. Petualangan melibas jalanan dengan roda dua memang tak tergantikan.

Persiapan Irish Bella Saat Memberitahu Anaknya Tentang Kesalahan Ammar Zoni

Namun perlu diketahui, jangan menyepelekan perjalanan darat jarak jauh dengan sepeda motor. Ada sejumlah hal yang harus diperhatikan agar touring menyenangkan yang Anda lakukan tidak berubah menjadi malapetaka.

Dilansir dari RideApart, Jumat 6 Maret 2020, tim dari Forty Times Araund berbagi informasi seputar kesalahan apa saja yang paling umum dilakukan rider saat touring, lengkap dengan bagaimana cara menghindarinya. Berikut ini daftar kesalahan tersebut.

Ini 16 Kejanggalan dalam Potret Terbaru Kate Middleton

1. Kebanyakan barang bawaan

Tanpa disadari, banyak orang membawa banyak barang saat melakukan touring. Meski barang-barang tersebut memang dibutuhkan, harus disadari juga motor memiliki kapasitas yang kecil untuk barang bawaan.

Gak Cuma Ngeramal, Hard Gumay Ngaku Pernah Coba Nyantet Orang

Hal ini pun membuat motor Anda kurang menyenangkan untuk dikendarai. Jadi tinggalkan bawalah barang yang benar-benar Anda butuhkan.

Baca juga: 5 Motor Termahal di Dunia

2. Kebanyakan atau tak punya perencanaan

Memiliki perencanaan yang matang sebelum melakukan touring memang hal yang bagus. Namun itu bisa memperburuk situasi apabila rencana tersebut tidak fleksibel. 

Di sisi lain, tidak memiliki rencana juga bukan pilihan terbaik sebelum touring. Yang utama, tetapkan apa tujuan Anda melakukan perjalanan, cari informasi terkait hal tersebut dan sisanya biarlah aspal yang 'berbicara'

3. Kebanyakan tujuan

Kesalahan ini masih ada kaitannya dengan poin nomor 2. Kebanyakan destinasi yang dituju membuat Anda bisa tidak menikmati perjalanan yang dilakukan. 

Anda harus menyadari, sepanjang perjalanan banyak pemandangan yang bisa dinikmati. Informasi-informasi baru pun bisa di dapat bila Anda peka dan menikmati perjalanan tersebut. 

4. Pengeluaran berlebihan

Touring dengan motor sejatinya tidak hanya soal sensasi berkendara. Namun ada hal lain yang bisa didapat, seperti sensasi bisa menikmati perjalanan ke berbagai daerah dengan bujet yang minim ketimbang transportasi lain. 

Nongkrong di pom bensin bersama rider lainnya dengan hanya segelas kopi diiringi dengan canda tawa, bisa lebih menghasilkan ketimbang makan malam mewah dan tidur di hotel saat touring

5. Salah kostum

Sebelum melakukan touring, sebaiknya Anda memperhatikan dengan cermat masalah ini. Salah kostum bisa jadi malapetaka bagi Anda sepanjang perjalanan. 

Sesuaikan kostum dan perlengkapan berkendara Anda dengan tempat tujuan. Jangan sampai kejadian, perjalanan menuju daerah pengunungan tapi Anda hanya menggunakan jaket tipis yang akhirnya dapat membuat Anda tersiksa. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya