Penjualan Moge Honda Naik di Jakarta

CRF1000L Africa Twin
Sumber :
  • viva.co.id/Dian Tami

VIVA – Ratusan ribu unit sepeda motor merek Honda, laku terjual di wilayah Jakarta dan Tangerang setiap tahunnya. Data tersebut didapat dari PT Wahana Makmur Sejati, main dealer motor Honda untuk dua wilayah tersebut.

Indonesia Targetkan Setop Penjualan Motor Bensin di 2040

Tahun lalu, pangsa pasar WMS yakni sebesar 74 persen. Hal itu bisa dicapai, berkat dukungan penjualan 116 jaringan diler resmi dan 322 layanan purna jual Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

Tak hanya itu, WMS juga mencatat bahwa ada pergeseran minat akan sepeda motor. Melalui keterangan resmi, dikutip Rabu 18 Maret 2020, jumlah penjualan motor gede Honda di Jakarta tercatat mengalami peningkatan 10 persen di 2019.

Motor Buatan Indonesia Laris Manis di Luar Negeri

Beberapa waktu lalu, Kepala Pemasaran WMS, Ario mengatakan bahwa di 2019 Big Bike Honda yang mereka tawarkan berhasil laku lebih dari 100 unit.

Peluncuran dua motor baru Honda di Jakarta

Ada Moge Rp80 Jutaan Buatan Bali

“Penjualan Big Bike kami di 2019, closing sekitar 115 unit,” ujarnya di Jakarta.

Ario menjelaskan, sebenarnya angka tersebut bisa saja lebih tinggi. Namun, mereka mengalami kendala dalam hal stok unit.

“Sebenarnya, penjualan Big Bike baik. Cuma, ada sekitar setengah tahun stok kami kosong,” tuturnya,

Tentang model yang paling laris, Ario mengatakan bahwa motor cruiser andalan Honda, yakni CMX 500 masih menjadi favorit warga DKI dan Tangerang.

Honda CMX500 Rebel.

“Kalau model terlaris, masih CMX 500 Rebel. Angkanya sekitar 70 persen,” ungkapnya.

Meski 2020 dibayang-bayangi sejumlah bencana, mulai dari banjir hingga virus corona, namun Wahana Artha Group sebagai induk dari WMS, optimistis pasar sepeda motor di tahun ini bakal lebih baik.

Memasuki usia yang ke-48 tahun, WAG merasa sudah memiliki banyak modal untuk bisa tetap mengembangkan bisnis yang mereka geluti. Mulai dari jaringan pemasaran dan purna jual, hingga layanan konsumen seperti aplikasi Wahana Honda, atau biasa disingkat Wanda.

Tidak hanya sekadar menyediakan informasi soal produk baru, Wanda juga bisa dimanfaatkan untuk layanan booking service, serta mencari lokasi layanan purna jual. Sebagai informasi, tiap tahun ada lebih dari lima juta unit motor Honda yang dirawat secara berkala di jaringan WMS.

Bengkel servis AHASS

“Bisnis main dealer sepeda motor memiliki keunikan tersendiri, khususnya di Jakarta dan Tangerang. Itulah sebabnya, kami berupaya meningkatkan kepuasan konsumen secara konsisten, salah satunya dengan menjalankan standar terbaik,” jelas Chief Marketing Officer Wahana, Edi Setiawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya