Ninja 4 Silinder Mulai Diproduksi di Indonesia

Kawasaki Ninja 250 empat silinder
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Awal tahun ini, Kawasaki memiliki kejutan untuk para penggemar motor sport di dunia. Mereka menghadirkan Ninja 250 edisi terbaru, yang mendapat ubahan sangat banyak.

Terpopuler Otomotif: Motor Baru Honda Lebih Irit dari BeAT, Efisiensi Bahan Bakar Hyundai

Hal paling mencolok pada motor bermesin 250cc itu, yakni penambahan jumlah silinder sebanyak dua buah. Artinya, kini kuda besi dari Geng Hijau itu memiliki konfigurasi empat silinder.

Keuntungan yang didapat, putaran mesin jadi lebih tinggi dari sebelumnya. Kini, mesin Ninja 250 bisa dipacu hingga putaran mesin lebih dari 16 ribu rotasi per menit.

Terpopuler Otomotif: Motor Baru Lebih Irit dari Honda BeAT, Pungli Tiap 2 Meter di Bekasi

Saat diuji coba oleh dua pembalap Kawasaki, Jonathan Rea dan Alex Lowes di sirkuit Jerez, Spanyol, tampak motor bisa mencapai kecepatan 160 kilometer per jam hanya dengan menggunakan gigi lima. Suara yang dihasilkan mesin terdengar sangar, gabungan antara nada bass dan lengkingan putaran mesin tinggi.

Baca juga: Lihat Polisi 'Main Mata' dengan Pemudik, Langsung Videokan

Triumph Chrome Edition Meluncur di Indonesia, Harga Mulai Rp370 Jutaan

Dilansir dari laman Greatbiker, Kamis 7 Mei 2020, PT Kawasaki Motor Indonesia dikabarkan sudah mulai memproduksi Ninja baru tersebut. Namun, prosesnya melibatkan tiga negara.

Pabrik di Jepang bertugas memproduksi sebagian besar komponen mesin dan elektronik, lalu kemudian dikirim ke pabrik Kawasaki di Thailand. Di Negeri Gajah Putih, komponen itu dirakit sehingga menjadi mesin utuh.

Kawasaki ZX-25R dan Ninja 250 SL

Setelah selesai, dari Thailand lalu dikapalkan ke pabrik KMI yang ada di Cikarang, Bekasi, untuk dirakit menjadi unit sepeda motor. Pabrik ini juga bertugas memproduksi suspensi, yang sebagian dikirim ke Thailand. Jadi, unit yang dijual di sana adalah hasil produksi dari negara itu sendiri.

Sayangnya, karena wabah virus COVID-19, pabrik KMI saat ini memberlakukan produksi dalam satu shift saja. Ninja 250 empat silinder yang mampu dibuat, disebut hanya 3-4 unit per hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya