Mulus Kayak Baru Keluar Pabrik, Yamaha Nouvo Ini Bikin Ngiler

Yamaha Nouvo
Sumber :
  • Dok: Ari Soeta

VIVA – Meski model baru terus bermunculan, namun ada beberapa sepeda motor yang sudah tidak lagi diproduksi, namun tetap digunakan sehari-hari oleh masyarakat. Alasan sentimentil kerap dilontarkan, oleh sang pemilik.

Honda GB 350 Bergaya Retro Gagah Resmi Meluncur

Contohnya, motor Yamaha Nouvo. Kendaraan bermotor ini, menjadi salah satu skuter matik pertama yang hadir di Indonesia. Meski tidak ada lagi versi barunya, namun peminat motor ini masih cukup banyak.

Baca juga: Mobil Baru Suzuki Bikin Ratusan Orang Gak Sabar Upgrade

Motor Buatan Thailand Bergaya Retro Ini Harganya Rp30 Jutaan

Jika melihat di lapak kendaraan bekas online, Nouvo edisi awal yang biasa disebut dengan istilah Lele, ditawarkan dengan banderol sekitar Rp6 juta. Model ini dipasarkan sekitar 2002 hingga 2003.

Pemilik Ashoeta Car Boutique, Ari Soeta beruntung bisa mendapatkan satu unit Nouvo Lele. Namun, kondisinya tidak begitu mulus. Ia menuturkan, banyak komponen yang harus diganti agar tampilannya kembali mulus seperti baru keluar dari pabrik.

Tampilannya Retro, Motor Honda 200cc Ini Harganya Rp30 Jutaan

Yamaha Nouvo

“Nouvo full restorasi, ganti part baru original. Tapi, harga komponennya ngeri juga. Bodi doang bisa sampe Rp5 juta, untuk yang warna hijau dan kuning emas. Itu di luar komponen lainnya,” ujarnya kepada VIVA, Minggu 10 Mei 2020.

Ari menjelaskan, ia mengganti banyak komponen pada motor tersebut. Mulai dari bodi, lengan ayun belakang, panel instrumen, kaca spion, knalpot, hingga lampu. Bahkan, ia juga memesan stiker khusus yang biasa menempel pada bodi motor baru Yamaha.

“Mesinnya susah langsam, jadi perlu diservis. Lampu depan tadinya warna putih, diganti jadi halogen seperti bawaannya. Ban juga dikembalikan ke ukuran asli, merek Dunlop,” tuturnya.

Meski tidak menyebutkan berapa biaya yang ia keluarkan untuk membeli dan memperbaiki motor tersebut, namun Ari mengatakan bahwa jika ada yang berminat ia akan menjualnya. Soal harga, ada di angka Rp19 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya