Punya Motor Kayak Gini? Dijual Harganya Bisa Puluhan Juta

Honda Tiger 2000
Sumber :
  • Dok: Ari Soeta

VIVA – Saat sudah dibeli, harga kendaraan bermotor selalu mengalami penurunan setiap tahunnya. Hal ini wajar, mengingat kondisinya tidak lagi prima seiring pemakaian.

Sepeda Motor Baru Royal Enfield Ini Harganya Rp50 Jutaan

Apalagi, untuk kendaraan yang tahun pembuatannya sudah sangat lama dan tidak ada lagi versi barunya, karena pabrik sudah menghentikan produksi dari model tersebut.

Baca juga: Pantas Selalu Ludes Stoknya, Harga Mobil Bekas Ini Cuma Segini

Terpopuler Otomotif: Harga Yamaha RX-King Bekas Akhir Tahun, Vespa Mickey Mouse Hadir di RI

Namun, ada beberapa sepeda motor yang harga bekas pakainya justru naik. Ada dua faktor yang menjadi penyebab, yakni model tersebut kembali diminati dan tidak digunakan sehari-hari alias hanya menjadi koleksi saja.

Seperti yang ditawarkan oleh pemilik Ashoeta Car Boutique, Ari Soeta. Pria asal Bandung itu, mempunyai beberapa sepeda motor tahun lama yang kondisinya masih cukup gres. Jenisnya bermacam-macam, mulai dari skuter matik hingga bebek underbone.

Vespa Semakin Populer di Indonesia, Ini Daftar Harga Terbarunya

Yamaha RX-King 2003 Anniversary

Menurutnya, kuda besi yang ia tawarkan bukan model yang jarang ada di pasaran. Tapi, harga jualnya bisa tinggi karena kondisinya sangat prima, bahkan nyaris seperti baru keluar dari pabrik. Bahkan, bannya belum pernah diganti.

“Disebut langka sih gak juga. Cuma, kondisi yang seperti ini memang langka,” ujarnya saat dihubungi VIVA, Senin 11 Mei 2020.

Meski demikian, ia mengaku bahwa populasi motor yang ada di garasinya memang tidak banyak. Bahkan, ada yang dirancang untuk pasar luar negeri.

“Kawasaki Ninja SE putih itu pasar Thailand dan Eropa, agak jarang di sini. Suzuki Thunder 250 juga built up dan dulunya mahal, jarang ada,” tuturnya.

Suzuki Thunder 250

Ari juga memiliki satu unit Honda Tiger 2000, yang jumlahnya tidak banyak ada di Indonesia. Lalu, ia juga menyimpan Yamaha Jupiter MX generasi awal, yang belum menggunakan kopling manual. Ada pula Yamaha RX-King 2003 edisi Anniversary, yang hanya dipasarkan 3 bulan saja.

“Harga Tiger 2000 Rp41 juta, Yamaha Jupiter MX Rp12 juta, Suzuki Thunder 250 Rp35 juta. Suzuki Satria FU Rp25 juta, Yamaha RX-King 2003 Rp65 juta, Yamaha Nouvo Rp19 juta, Kawasaki Ninja SE Rp45 juta,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya