Motor Model Ini Gak Boleh Dijemur Seharian, Bisa Rusak

Panel instrumen digital sepeda motor
Sumber :
  • Wahana Honda

VIVA – Berbeda dengan zaman dahulu, sepeda motor saat ini disematkan banyak teknologi canggih. Mulai dari bagian mesin, transmisi, hingga bagian kelistrikannya.

Tips Menjaga Rantai Motor yang Baik dengan Cairan Pembersih WD-40

Kini, beberapa produsen juga mulai menyematkan panel instrumen dengan tampilan digital. Nuansa yang dihadirkan jelas lebih mewah, mirip dengan motor impor dengan banderol selangit.

Baca juga: Punya Harta Rp793 Triliun, Pria Ini Beli Mobil Bekas

Miliki Tampilan Catchy, Ini Impresi Singkat Vespa GTV 2023

Informasi yang ditampilkan oleh layar, juga lebih variatif. Jika dulu pengguna hanya bisa memantau kecepatan dan jumlah bensin dalam tangki saja, kini mereka dapat melihat suhu serta berapa jarak yang bisa ditempuh dengan sisa bahan bakar yang ada.

Bahkan, beberapa model motor dibekali dengan sistem komputer, yang dapat dihubungkan ke smartphone. Dengan begitu, maka pengendara bisa mengetahui jika ada pesan atau panggilan yang masuk.

Kenali Tanda Aki Motor Rusak dan Perlu Segera Diganti

Speedometer digital

Koneksi melalui nirkabel juga memungkinkan pemilik motor, untuk mengetahui kondisi motor. Semua dapat direkam di gawai, sebagai catatan penggunaan.

Namun, ternyata panel instrumen jenis digital juga memiliki kekurangan. Dilansir dari Wahanahonda, Selasa 12 Mei 2020, speedometer digital tidak boleh terlalu lama atau sering diletakkan di bawah sinar matahari langsung, karena bisa rusak akibat sunburn.

Lantas, seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh matahari untuk bisa merusak panel elektronik tersebut? Ternyata, jika kendaraan hanya diparkir selama 1-2 jam saja, maka hal itu tidak akan terjadi.

Tapi, apabila panel terpapar terik matahari selama berjam-jam, maka angka-angka yang ditampilkan akan menghilang. Penyebabnya, lapisan pada panel rusak akibat terlalu panas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya