Indonesia Sukses Bikin Kendaraan Komersial Ramah Lingkungan

Gerobak listrik
Sumber :
  • Dok: Gelis

VIVA – Presiden Jokowi tahun lalu mengumumkan, bahwa Indonesia sudah mulai memasuki era elektrifikasi kendaraan. Implementasinya bisa bermacam-macam, mulai dari kendaraan beroda dua hingga empat.

Yadea Hadirkan Motor Listrik Sport Fairing

Jika bicara soal produksi, kemampuan anak bangsa untuk membuat kendaraan listrik tidak perlu diragukan lagi. Jika melihat sektor roda dua, sudah ada beberapa merek sepeda motor yang digerakkan dengan energi setrum.

Baca juga: Pesaing Avanza Mulai Dikirim ke Diler-diler di Indonesia

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Bahkan, dalam waktu tidak lama lagi akan tersedia kendaraan komersial beroda tiga, yang penggeraknya mengandalkan dinamo dan baterai. Kendaraan itu diberi nama Gerobak Listrik.

Pembuatnya adalah PT Solar Panel Indonesia, sebuah perusahaan industri swasta nasional yang bergerak di bidang energi terbarukan. Kendaraan yang disebut dengan nama Gelis itu, diciptakan untuk memenuhi kebutuhan alat angkut bagi usaha mikro kecil menengah.

Kemenhub Ingatkan Pemudik Jangan Bawa Motor Listrik Masuk Kapal, Ini Risikonya

“Kendaraan ini mudah digunakan, serta tidak membutuhkan perhatian khusus dalam hal perawatan," pimpinan SPI, Budi Prasetyo melalui keterangan resmi, dikutip Senin 18 Mei 2020.

Layaknya produsen kendaraan, SPI mengaku telah menyiapkan layanan purna jual serta jaringan pemasaran. Mereka bahkan bekerja sama dengan aplikasi Hey Indonesia, agar produk Gelis bisa diketahui oleh masyarakat umum.

Soal produksi, Head of Engineering SPI, Hadian Permana menjelaskan bahwa saat ini kapasitas pabrik mereka di Bogor mampu memproduksi 10 unit per hari. Sebagian komponennya sudah dibuat di dalam negeri, yakni baterai, sasis, bodi, serta beberapa perangkat kendali.

Gelis dibekali dinamo berkekuatan 800 Watt, yang dapat membuat kendaraan melaju hingga kecepatan 30 kilometer per jam. Jarak tempuhnya 30 km, serta mampu membawa beban seberat 300 kilogram dan melalui tanjakan 15 derajat.

Gerobak listrik

Kendaraan ini tersedia dalam beberapa varian, dengan harga jual mulai dari Rp20 juta. Nantinya, akan tersedia model lain yang cocok digunakan untuk mengantar barang dalam kota, atau mengangkut sampah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya