Baru Dipake Setahun, Murah Satria F150 atau Sonic 150R?

Motor bekas
Sumber :
  • gophear.co.id.

VIVA – Jika ingin merasakan balap, umumnya jenis sepeda motor yang dipilih adalah sport. Selain tampilannya gagah, kendaraan jenis ini juga dibekali dengan mesin yang mampu menghasilkan performa besar.

Stok Motor Bekas Berlimpah saat Pertengahan Tahun, Ini Penyebabnya

Namun, terkadang konsumen membutuhkan motor yang bisa menawarkan sensasi kencang tapi dimensinya kompak. Motor jenis sport dianggap kurang ideal, untuk digunakan saat terjebak kemacetan lalu lintas.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, beberapa produsen menawarkan kuda besi jenis underbone. Banyak yang menyebut motor jenis ini sebagai ayam jago, karena bentuk depannya.

Motor Bekas Merek Ini Jadi Primadona Anak Muda Ngabers, Harga Mulai Rp17 Jutaan

Zaman dulu, motor underbone menjadi tulang punggung penjualan beberapa merek. Era kendaraan tersebut dimulai sekitar 1990-an, yakni ketika Yamaha meluncurkan Champ. Kini, hanya Honda dan Suzuki yang masih bermain di pasar tersebut.

Baca Juga: Putar Otak Pedagang Mobil Seken saat Pandemi

Nostalgia Sepeda Motor Ayam Jago di Indonesia

Suzuki melalui Satria F150, sempat merasakan manisnya pasar motor underbone. Meski peminatnya saat ini sudah jauh berkurang, namun pamornya masih tetap tinggi seperti dulu.

Beberapa tahun lalu, Honda berusaha mencuri kue pangsa pasar dengan menghadirkan Sonic 150R. Nama besar Honda menjadi jaminan, bahwa kualitas yang ditawarkan bukan sembarangan.

Kedua model tersebut sama-sama dibekali dengan mesin satu silinder, berkapasitas 150cc. Meski memiliki bodi ramping ala motor bebek, namun mesin Satria dan Sonic dirancang nyaris tegak, mirip motor jenis sport.

Dengan konfigurasi tersebut, tidak heran apabila para penyuka adrenalin memilih satu dari dua motor ini, baik untuk keperluan balap maupun penggunaan sehari-hari.

Dalam kondisi baru, F150 ditawarkan dengan banderol Rp25,36 juta. Motor ini tersedia dalam dua varian, yakni Predator dan Special Edition. Sonic 150R juga ada dua pilihan, dengan harga Rp23,45 juat dan Rp23,85 juta.

Jika ingin membeli dalam kondisi bekas pakai, kedua motor tersebut harga jualnya tidak jauh berbeda. Dilansir VIVA Otomotif dari beberapa laman jual beli online, Jumat 29 Mei 2020, untuk unit yang baru dipakai selama satu tahun, pemilik menawarkan F150 maupun 150R dengan banderol Rp14 juta hingga Rp15 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya