Cara Aman Berkendara Motor saat New Normal Corona

Ilustrasi berkendara secara aman.
Sumber :
  • Hadi Suprapto/VIVA.co.id

VIVA – Pandemi Virus Corona atau COVID-19 memaksa masyarakat dunia termasuk Indonesia harus menjalankan kehidupan normal baru atau new normal. Segala aktivitas pun harus disesuaikan dengan memperhatikan protokol kesehatan, salah satunya cara berkendara menggunakan motor.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Dilansir dari 100KPJ, banyak kebiasaan yang harus disesuaikan pengendara motor saat new normal. Mulai dari sebelum berkendara, cara berkendara hingga setelah berkendara.

Sebelum berkendara, sebaiknya melakukan pengecekan suhu tubuh untuk memastikan kondisi badan fit dan sehat. Jika suhu tubuh menunjukkan 37,3 derajat atau lebih, sebaiknya tidak beraktivitas di luar rumah.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Manager Safety Riding AHM Johannes Lucky menjabarkan, kondisi sepeda motor terutama sepeda motor yang sudah lama tidak digunakan. Pemeriksaan meliputi oli, kondisi dan tekanan ban, sistem pengereman dan kopling serta lampu tetap berfungsi baik.

“Selain mengecek kondisi motor, persiapkan riding gear sesuai standar berkendara seperti helm, sarung tangan dan jaket berkendara," ujarnya dikutip Jumat 19 Juni 2020.

Utamakan Keselamatan, Ini Tips Aman Berkendara Sepeda Motor

Menurut dia, para bikers sebaiknya membawa masker cadangan untuk antisipasi apabila masker kotor atau basah saat berkendara. Sehingga saat sampai di tujuan tetap dapat beraktivitas menggunakan masker dengan sehat dan nyaman.

Kemudian, hindari penggunaan helm secara bergantian dan selalu gunakan visor saat berkendara. Hal itu untuk mencegah benda asing masuk serta mencegah mengusap mata saat dalam perjalanan.

Bikers yang berkendara menggunakan Buff sebaiknya juga tetap menggunakan masker agar kemampuan penyaringan partikel berbahaya dapat bekerja lebih baik. Sarung tangan yang digunakan sebaiknya yang menutupi seluruh bagian tangan. 

"Bila hanya memiliki satu sarung tangan, selalu terapkan cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan sarung tangan," tambahnya.

Setelah semua persiapan itu terpenuhi, saat berkendara harus selalu utamakan keselamatan baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Hindari berkendara melintasi wilayah-wilayah yang merupakan pusat pandemi atau teridentifikasi sebagai zona merah, dengan mencari jalur alternatif lainnya.

“Usahakan saat berkendara, tetap cari aman, menjaga jarak dengan pengendara lainnya, serta hanya berboncengan dengan keluarga atau kerabat yang tinggal bersama dalam satu rumah,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menegaskan, pengendara motor wajib mencuci tangan dan mencuci wajah dengan sabun setelah melepas seluruh perlengkapan berkendara setelah sampai tujuan. Lalu pada pulang ke rumah, segeralah mandi sebelum bertemu keluarga.

Bila memungkinkan, lakukan penyemprotan disinfektan ke riding gear yang telah digunakan dan sarungkan motor dengan kain pelindung saat tidak digunakan agar tidak terpapar udara secara langsung.

“Keselamatan dan kesehatan bikers menjadi kunci utama untuk dapat beraktivitas dengan produktif di era new normal ini,” tegasnya.

Pantau berita terkini di VIVA terkait Virus Corona

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya