Adu Keren Motor Polisi Indonesia dan India

Moge pengawal Kapolri, merek Victory.
Sumber :
  • Zahrul Darmawan/VIVA.co.id

VIVA – Agar bisa menunaikan tugas dengan maksimal, polisi biasanya dibekali dengan sepeda motor yang mumpuni. Hal ini berlaku di semua negara, termasuk Indonesia dan India.

Spek Motor Polisi yang Dipinjam Pembalap MotoGP ke Bandara Lombok

Jenis motor yang digunakan bermacam-macam, mulai dari buatan Jepang hingga motor gede lansiran Amerika Serikat dan Eropa. Tentunya, tidak semua petugas menggunakan kuda besi yang performanya besar.

Baca juga: Lokasi SIM Keliling Jakarta dan Bandung Senin 22 Juni 2020

Ngidam Naik Moge, Ibu Hamil Ini Minta Dibonceng Polantas

Biasanya, motor gede digunakan untuk pengawalan. Sementara, yang mengusung kapasitas mesin lebih kecil dipakai sebagai kendaraan patroli dan pengurai kemacetan.

Dilansir VIVA Otomotif dari Motoroids, Senin 22 Juni 2020, motor paling mahal yang digunakan polisi India adalah Harley-Davidson Street 750. Motor ini biasa dipakai untuk mengawal pejabat saat kunjungan kerja.

Ada Moge Rp80 Jutaan Buatan Bali

Motor gede Harley-Davidson Street 750

Beberapa tahun lalu, mereka juga mendatangkan motor Honda CBR 250R, yang didesain khusus untuk keperluan patroli. Unit yang digunakan polisi dibekali lampu strobo, grafis khusus dan boks untuk menyimpan peralatan.

Motor lain yang juga digunakan oleh polisi India, yakni TVS Apache, Bajaj Pulsar, berbagai macam skuter matik, dan tentunya Royal Enfield. Bahkan, mereka memiliki divisi Polwan yang semuanya lihai mengendarai motor RE.

Royal Enfield Himalayan Odyssey.

Sementara itu, Korps Lalu Lintas Polri diketahui memiliki beberapa unit moge Victory Vision dan Commander Police buatan AS. Kuda besi ini biasa dipakai untuk mengawal presiden, dan dibekali mesin 1.791cc.

Polri juga memiliki beberapa unit Harley-Davidson Electra Glide, Yamaha Diversion XJ900P, Yamaha FJR 1300, Honda Gold Wing, BMW R 2100 GS, dan Honda VFR800X Crossrunner.

Honda VFR800X Milik Korlantas Polri

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya