Sepeda Motor Pakai Spion Mungil, Wargnet: Mirip Kaca di Rautan SD

Spion sepeda motor berukuran mungil
Sumber :
  • Screenshot Instagram

VIVA – Spion menjadi komponen yang wajib terpasang di sepeda motor, untuk memantau situasi di sekitar pengendara. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pabrikan otomotif sudah merancang untuk memudahkan visual ketika berkendara. 

2 Angkot Biru Ini Jadi Viral di Media Sosial

Pemakain spion untuk kendaraan bermotor, sebenarnya sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan, pasal 37 ayat a dan b. Peraturan tersebut mewajibkan kendaran memiliki dua spion, dan dibuat dari kaca yang memberikan pandangan ke samping dan belakang.

Meski fungsinya penting, tak sedikit pemilik kendaraan yang mengganti spion standarnya dengan produk aftermarket. Sayangnya, kaca pemantul yang dipasang kerap berbeda dari ukuran standar pabrikan, bahkan ada yang lebih kecil.

Cara Pemotor Hindari Basah saat Hujan Ini Bikin Warganet Tersenyum

Salah satu contohnya ada di foto yang beredar di media sosial Instagram, diunggah oleh akun @newdramaojol.id. "Imut banget," demikian keterangan gambar di unggahan tersebut, dikutip VIVA, Rabu 1 Juli 2020.

Baca juga: Mesin Ferrari F40 Dijual Tanpa Mobilnya, Harganya Wow

Honda Jazz Nekat Masuk Jalur Sepeda, Sanksinya Enggak Main-main

Gambar memperlihatkan spion kiri sepeda motor berbodi putih, yang diganti memakai ukuran jauh lebih kecil daripada versi standarnya. Pemakaian spion ini tentu tidak akan memberikan visual yang maksimal untuk pengendara. 

Foto tersebut, memancing komentar warga penghuni Instagram. "Mirip kaca yang ada di rautan anak SD," tulis @robiansah18 di unggahan tersebut.

"Orang ini optimis selalu melihat kedepan tanpa melihat sekecil masa lalu di belakang... Good job pertahnkan..!!"tulis akun Instagram @rahman_amin_nudin mengomentari unggahan tersebut. "Buat liat jerawat doang," komentar @zemmbaroktav meramaikan unggahan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya