Sekali Isi Bensin Bisa Tempuh 600 Km, Harga Motor Ini Bikin Ngiler

Iklan Suzuki Thunder 125
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Bagi sebagian orang, salah satu hal yang paling penting dari sebuah kendaraan pribadi adalah konsumsi bahan bakarnya. Tak heran, apabila mobil dan motor yang irit BBM banyak laku di Indonesia.

Jangan Takut Tertipu, Simak Tips Jitu Cara Beli Motor Bekas yang Aman

Bahkan, pemerintah juga mengeluarkan program khusus kendaraan bermotor roda empat yang hemat energi dan harganya terjangkau. Salah satu syaratnya, harus bisa menempuh jarak 20 kilometer dengan satu liter bensin.

Dengan kapasitas tangki bensin sebesar 33 liter, maka mobil low cost green car secara teori bisa digunakan hingga jarak lebih dari 600 kilometer sebelum harus mampir ke stasiun pengisian bahan bakar umum.

Skutik Matik Kuasai Pasar Mokas, Begini Nasib Motor Sport 150cc

Meski kapasitas mesinnya lebih kecil dari mobil, namun sepeda motor yang umum dijual di Indonesia tidak bisa mencapai jarak yang sama. Alasannya sederhana, kapasitas tangki bensin motor jenis bebek yang konsumsi BBM-nya 57 km per liter, hanya 4 hingga 4,5 liter saja.

Baca Juga: Tangga Diler Jadi Korban Aksi Moge

Daftar Motor Matik Bekas Paling Laku di Pasaran

Namun, motor yang satu ini ternyata bisa menempuh jarak kurang lebih sama dengan mobil LCGC. Kuda besi yang dimaksud adalah Suzuki Thunder 125, motor andalan Suzuki yang pertama kali dihadirkan pada 2004.

Dalam kondisi baru, konsumsi BBM motor tersebut mencapai 45 km per liter. Dengan kombinasi tangki bensin terbesar di kelasnya, yakni 15 liter, maka jarak tempuh sekali isi bisa mencapai lebih dari 600 km.

Namun, tentunya sepanjang pemakaian konsumsi BBM tersebut jadi menurun. Beberapa pengguna melaporkan, bahwa mereka kini hanya mendapat angka 35-38 km per liter. Artinya, jarak tempuh sekali isi cuma bisa 500 km.

Suzuki sudah menghentikan penjualan Thunder 125 pada 2015, sehingga saat ini yang tersedia hanya versi bekasnya saja. Berdasarkan penelusuran VIVA Otomotif di beberapa lapak jual beli, Kamis 23 Juli 2020, motor yang kerap jadi andalan para penjual bensin eceran ini ditawarkan dengan harga Rp3-5 juta saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya