Gagahnya Motor Buatan Anak Bangsa, Mirip Jet Tempur

Motor listrik Katalis EV.1000 karya anak bangsa
Sumber :
  • Instagram Katalis Company

VIVA – Nama Katalis Company mungkin terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun, hasil karya mereka dalam wujud sepeda motor akan segera mendunia.

Yadea Hadirkan Motor Listrik Sport Fairing

Katalis EV.1000 adalah sebuah kendaraan bermotor roda dua yang ramah lingkungan. Penggeraknya bukan mesin konvensional, melainkan dinamo yang memanfaatkan energi listrik.

Dibekali tenaga 1.000 watt yang disokong baterai 48V 45Ah dengan pengatur berdaya 48-72 Volt, motor ini mampu dipacu hingga kecepatan 80 kilometer per jam, hingga jarak tempuh 90 km dalam sekali isi daya.

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Dilansir VIVA Otomotif dari keterangan resmi Kementerian Perindutsrian, Senin 24 Agustus 2020, desain Katalis EV.1000 terinspirasi dari gagahnya pesawat jet tempur. Bentuknya memang tidak seperti sepeda motor pada umumnya, desainnya sangat minimalis dengan paduan wujud kotak serta bulat.

Rangkanya mirip tabung besar, yang berfungsi juga sebagai tempat duduk pengendara. Sementara, di bagian bawahnya ada kotak besar yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan baterai. Setangnya dirancang tanpa penutup, dan suspensi depan sudah menganut upside down.

Kemenhub Ingatkan Pemudik Jangan Bawa Motor Listrik Masuk Kapal, Ini Risikonya

Dinamo listriknya menyatu dengan roda belakang, konsep tersebut sama dengan motor listrik yang dipasarkan oleh pabrikan asal Semarang, Jawa Tengah, yakni Viar Q1.

Katalis EV.1000 merupakan hasil kerja sama dengan The Arsenale, galeri otomotif asal Prancis. Motor ini akan dipajang di salah satu galeri mereka, yang ada di Makau.

“Katalis EV.1000 ini akan dikirim ke galeri The Arsenale di Makau pada akhir bulan Agustus ini,” ungkap Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kemenperin, Gati Wibawaningsih.

Baca Juga: Produk Otomotif Lokal Terus Mendunia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya