Motor Yamaha Buatan Indonesia Kena Recall di Amerika

Yamaha XMAX 250.
Sumber :
  • VIVA/Rendra Saputra

VIVA – Puluhan ribu sepeda motor buatan Yamaha Indonesia diduga mengalami masalah, dan harus dibawa kembali ke bengkel resmi untuk dilakukan pemeriksaan. Hal itu terjadi di Amerika Serikat.

Yamaha Meluncurkan Motor Listrik yang Canggih

Badan keselamatan jalan raya AS mengeluarkan surat edaran yang ditujukan pada Yamaha AS, memberi tahu bahwa ada tiga model sepeda motor yang komponennya berpotensi mengalami penurunan kualitas.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman NHTSA, Jumat 23 Oktober 2020, tiga model yang dimaksud adalah Yamaha XMax, Yamaha R3 dan Yamaha MT-03.

Yamaha MX King dengan Ubahan Baru Harganya Rp24 Jutaan

Jumlah unit yang terindikasi mengalami kerusakan sebanyak 31 ribu unit, yang dijual mulai 2015 hingga tahun ini. Namun, dari jumlah itu diprediksi hanya 50 persen yang benar-benar cacat produksi.

Baca juga: Kelewat Kaya, Melvin Tenggara Mengaku Belum Pernah Naik Ini

Tampilan Baru Yamaha Gear 125 Harganya Rp17 Jutaan

NHTSA menemukan masalah pada reflektor lampu yang terpasang di bagian spatbor belakang. Kondensasi bisa membuat pemantul cahaya itu menurun kinerjanya, hingga ke kondisi yang dianggap membahayakan.

Laporan NHTSA itu adalah hasil dari tindak lanjut pemberitahuan yang diterima Yamaha Motor Corporation USA, dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing sebagai produsen.

Sebagai informasi, sebelumnya hal yang sama juga terjadi di Jepang, di mana departemen transportasi setempat melakukan penarikan kembali terhadap puluhan ribu unit motor Yamaha karena masalah serupa.

Model yang masuk dalam daftar yakni NMax 125, NMax 150, NMax 250, YZF-R25, YZF-R25A, YZF-R3A, MT250, MT-25A, dan MT320. Jumlahnya mencapai 78.230 unit, yang diproduksi sejak 6 Oktober 2014 hingga 1 April 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya