Komitmen Jaga Alam, Sumpah Pemuda Jadi Momen Deklarasikan Ikrar Trail

Peringati Sumpah Pemuda, Sembilan komunitas trail deklarasikan Ikrar Trail.
Sumber :
  • R. Jihad Akbar/VIVA.

VIVA – Berbagai cara dilakukan untuk memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh 28 Oktober lalu. Salah satunya komunitas motor trail yang mendeklarasikan ikrar untuk menjaga lingkungan dan melestarikan alam sekitar.

3 Cara Menjual Uang Koin Rp1.000 Melati Biar Untung, Bisa Capai Rp100 Juta?

Hal itu dilakukan oleh 9 komunitas pencinta motor trail di Pajampangan, Sukabumi Selatan, Jawa Barat. Selain mengelar upacara membacakan teks Sumpah Pemuda, Ikrar Trail pun digaungkan puluhan anggota dari kesembilan komunitas trail tersebut di salah satu bukit di area Gunung Patat pada 28 Oktober 2020.

Ketua Panyaguan Endah Raider Offroad Club Kalibunder (Panerock) Sandi mengungkapkan, semakin bertambahnya jumlah pecinta dirt bike (Trail) saat ini menimbulkan kekhawatiran tersendiri akan kelestarian alam sekitar. Karena itu, butuh komitmen para komunitas pencinta trail untuk dapat tetap menyalurkan hobinya dan memastikan alam tetap terjaga.

Kerusakan Iklim dan Alam Jadi Tanda Kiamat? Begini Penjelasan Al Quran dan Sains

"Kalau hutan sudah tidak ada, bagaimana anak cucu kita nanti. Kalau tidak kita yang jaga siapa lagi," tegas Sandi saat memimpin upacara, dikutip VIVA, Minggu 1 November 2020. 

Butir-butir Ikrar Trail yang diinisiasi oleh Panerock tersebut dibahas dan disepakati oleh 8 komunitas trail lainnya di daerah tersebut. Yaitu, Jampang Trails Adventure Sport (Jatras), Galudampit Adventure Maniak (GAM), dan Trail Adventure Maleleng Doyan Leutak (Tramadol). 

For Revenge Bawa Gebrakan Musik di Panggung DCDC Ngabuburit Extra 2024

Kemudian, Ngetrail Bari Ngarit (Ngabrit), Pago-da Pastiles, Kolot Minculax Adventure Trail Kalibunder (Koclak), Waluran Adventure Trail Club (Watac) dan Golden Adventure Solidarity (GAS).  Lima butir Ikrar Trail yang disepakati dan dideklarasikan adalah:

Kami Pecinta Motor Trail Berikrar

1. Berideologi Pancasila
2. Mengedepankan persaudaraan dan persatuan
3. Menjaga lingkungan dan alam
4. Bertanggung jawab atas apa yang dilalui ban motor kami
5. Menjadi pribadi yang bermanfaat bagi kemanusiaan

"Sengaja di momen sumpah pemuda kita berkumpul, menyamakan visi dan maindset, pola pikir kita dengan apa yang kita suka, dan komitmen menjaga alam," tegasnya.

Setelah mendeklarasikan Ikrar Trail, kesembilan club tersebut pun menancapkan plang himbauan di sejumlah jalur-jalur trabas yang dilalui di daerah Pajampangan. Selain untuk mengingatkan para pecinta trail, imbauan itu pun diharap juga dipatuhi oleh para wisatawan yang datang.

"Jadi minimal kita mengingatkan diri kita saja, ini alam kita jangan sampai dirusak oleh kita. Kita pencita alam buktikan dengan mencintai alam, bertanggung jawab dengan apa yang ban kita injak," ungkapnya.

Baca juga: Yamaha Sebar Siluet Lampu Motor Barunya, Netizen: Aerox Baru

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya