Uji Praktik SIM C Pakai Satu Tangan, Petugas Bikin Netizen Sewot

Petugas memperlihatkan praktik uji SIM C dengan satu tangan.
Sumber :
  • Screenshot Instagram

VIVA –Pengguna sepeda motor dinyatakan legal berkendara di jalanan, ketika sudah memiliki Surat Izin Mengemudi alias SIM. Di Indonesia, lisensi untuk pengendara motor berjenis SIM C.

Aksi Pengendara Motor Wanita Gagal Menanjak hingga Jatuh Terguling

Untuk bisa mendapatkan SIM C, pengendara motor harus melewati beberapa tahap, mulai dari tes kesehatan, lalu difoto untuk identitas lengkap, ujian tertulis terkait aturan lalu lintas, serta ujian praktik mengendarai kendaraan roda dua.

Praktik berkendara untuk mendapatkan SIM C, umumnya terdiri dari beberapa lintasan, mulai dari yang lurus namun sempit, zig-zag, serta menjalankan sepeda motor di lajur angka 8. Ketika berkendara, sepeda motor dilarang menyenggol pembatas yang sudah disiapkan sebagai penanda.

Pengendara yang Siksa Pemotor dengan Geberan Knalpot Yamaha RX-King, Akhirnya Begini

Banyak pemohon SIM yang setiap hari mengendarai sepeda motor, namun tak berhasil melalui beragam tipe trek ketika ujian praktik berkendara. Kesalahannya umumnya yakni kurang keseimbangan, sehingga motor melaju keluar dari lintasan yang disediakan.

Meski dianggap sulit, ternyata ada saja pengendara yang bisa melalui lintasan uji tersebut dengan sempurna. Bahkan kegiatan itu dilakukan dengan hanya mengandalkan tangan kanan untuk mengatur laju kendaraan, dan tangan kiri diletakan di belakang.

Video Innova Zenix Hybrid Tak Kuat Nanjak Jadi Sorotan Warganet

Aksi tersebut seperti dicontohkan oleh Petugas di lokasi uji praktik SIM, dalam sebuah video yang beredar di media sosial. Rekaman gambar dari unggahan akun @kabar_polisi, memperlihatkan pengendara dengan mulus berhasil melewati semua lintasan yang tersedia.

Tak hanya mengandalkan satu tangan saja saat berkendara, sebelum menjalankan sepeda motor bebek berwarna putih, orang dalam video itu sempat melakukan aksi burnout (memanaskan ban belakang) layaknya pembalap di sirkuit.

Unggahan ini jelas membuat Warganet geram, terutama yang memilih 'jalur tembak' untuk mendapatkan SIM C. Mereka menyebut aksi yang dilakukan Polisi itu merupakan contoh yang tidak tepat, lantran berisiko membahayakan pengguna jalan lain ketika dipraktikan di jalanan.

"Ini uji SIM C apa uji SIM Sirkus? Masa iya jalan raya ada yang begitu, ajaib bener," tulis salah seorang Warganet di kolom komentar. "Kalau semua yang punya SIM bener-bener lulus melewati tes ini, saya yakin enggak ada kecelakaan di jalan raya," komentar Warganet lainnya.

Baca juga: Ayah Laporkan Anaknya ke Polisi, Usai Viral karena Tabrak Sepeda Motor.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya