Akal-akalan Pemakai Motor 2-Tak, Pasang Selang di Ujung Knalpot

Knalpot motor 2-tak dipasangi selang untuk mengalirkan asapnya.
Sumber :
  • Screenshot Instagram

VIVA –Meski performanya dikenal lebih buas, motor 2-tak kerap dianggap tak nyaman karena memiliki knalpot yang menghasilkan suara bising, serta asap putih mengepul. Hal ini bukan hanya mengganggu pengguna jalan lain, tetapi juga merepotkan pemiliknya.

Skema Kredit Honda Stylo 160, Cicilan Mulai Rp1,1 Jutaan

Ketika mesinnya menyala, dari knalpot akan terus asap akan yang membuat perih mata dan membuat hidung sesak. Hal ini terjadi, karena motor 2-tak memakai oli samping untuk pelumasan jeroan mesin seperti komponen piston, ring piston, kruk as, serta bearing kruk as. 

Sementara pelumas mesin di motor 2-tak, diketahui hanya untuk melicinkan rasio transmisi dan sistem koplingnya saja. Jadi, oli samping akan ikut terbakar di ruang bakar ketika mesin bekerja, dan menghasilkan asap yang ikut keluar melalui jalur gas buang. 

Daftar Lengkap Promo Sepeda Motor Honda Usai Lebaran

Kondisi ini, ternyata membuat repot pemilik motor 2-tak saat ingin memanaskan sepeda motornya. Apalagi, untuk mereka yang malas mengeluarkan Kuda Besi tersebut ketika hendak menyalakan mesinnya.

Ini seperti video yang dilansir VIVA Otomotif dari akun Instagram @agoez_bandz4, Rabu 11 November 2020. Rekaman gambar memperlihatkan motor Kawasaki Ninja 2-tak yang mesinnya dinyalakan di dalam rumah.

Penjualan Motor Bulan Maret Naik, Total Sudah Laku 1,7 Juta Unit Sepanjang 2024

Tak habis akal, pemilik sepeda motor merek Jepang itu memasang selang di ujung knalpotnya. Tujuannya, untuk mengalirkan gas buang hingga ke luar rumah. Video memperlihatkan selang karet itu dipasang melewati pintu, hingga ke teras rumah, agar asapnya tak memenuhi ruangan.

Akal-akalan pemilik motor 2-tak ketika memanaskan mesin itu, menuai beragam komentar dari warga pemilik akun Instagram. Ada Netizen yang memuji kreativitas tersebut, hingga mempertanyakan kekuatan selang yang mengalirkan asap dari knalpotnya.

"Lebih males lagi menggulung selangnya nanti. Lagian, apa selang gak meleleh tuh kena panas dari knalpot," komentar salah seorang Warganet. "Mending pakai knalpot pabrik, asapnya langsung ke atas langit," tulis Warganet di unggahan tersebut. "Boleh juga idenya," tutur Warganet via kolom komentar di Instagram.

Baca juga: Orang Seperti Ini yang Jadi Target Pembeli Kia Sonet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya