Potret Besar dan Beratnya Beban Driver Ojek Online

Pengendara ojol membawa bodi motor Vespa
Sumber :
  • Instagram @c3rita_ojol

VIVA – Selama pandemi, para pengendara ojek online menjadi solusi masyarakat yang ingin makan enak tanpa perlu keluar rumah. Cukup memesan melalui aplikasi, maka hidangan akan diantar dalam waktu singkat.

DPR Dorong Menaker Ida Revisi Aturan agar Ojol dan Kurir Dapat THR

Selain pesan antar, driver ojol juga bisa dimanfaatkan untuk mengirim paket atau barang pesanan, yang dibeli melalui jalur online.

Layanan ini biasanya digunakan oleh pembeli, yang lokasinya satu kota dengan pihak penjual. Barang akan dikirim pada hari itu juga, tak perlu menunggu kurir datang esok hari.

Viral 2 Ojol Ribut di Stasiun Poncol Semarang, Begini Kata Polisi

Namun, resesi ekonomi membuat jumlah konsumen yang menggunakan jasa ojol menjadi berkurang. Banyak pengendara yang mengeluh sepinya pesanan masuk, sehingga mereka tidak bisa membawa rezeki untuk keluarga.

Dalam situasi seperti ini, satu pesanan yang masuk dianggap sangat berharga. Meski, terkadang barang yang dibawa ukurannya besar dan berat.

Top Trending: Istri Baru Habib Rizieq, Isi Ramalan Jayabaya hingga Nonis Diteriaki Emak-emak

Walau tidak sesuai dengan aturan, namun mereka tetap melakoninya demi mendapat rupiah yang tak sebanding dengan risikonya. Beberapa contohnya ada di bawah ini.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Instagram @newdramaojol.id, Senin 30 November 2020, seorang pengendara ojol rela membawa sepeda untuk diantar ke rumah konsumen.

Barang tersebut berukuran sangat besar, sehingga harus ditambahkan dudukan pada motor matik yang digunakan. Ia juga membawa genset besar di jok belakang.

Ada juga pengendara ojol yang membawa kayu berukuran sangat panjang. Motor sampai harus dipasangi tiang khusus, yang digunakan sebagai tambatan dari tali untuk membawa kayu tersebut.

Belum lama ini, viral di media sosial pengendara ojol kerepotan membawa akuarium dengan dimensi yang sangat besar, lengkap dengan dudukannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya