Siap Meluncur, Skuter Listrik Ini Jago Ngebut

Skuter listrik terbaru Kymco F9.
Skuter listrik terbaru Kymco F9.
Sumber :
  • rushlane

VIVA – Desain yang mungil, membuat Skuter matik alias skutik bisa diandalkan untuk aktivitas harian masyarakat. Tak hanya yang memakai mesin konvensional, pabrikan otomotif roda dua pun mulai menyiapkan versi canggihnya.

Hal ini seperti yang dilakukan oleh produsen otomotif Kymco. Pabrikan sepeda motor asal Taiwan itu, sedang sibuk menyiapkan skuter listrik terbaru yang diberi nama F9.

Gambar yang beredar di media internet memperlihatkan skuter Kymco F9 memiliki tampilan ala motor balap. Ini bisa terliht mulai dari desain depan, samping, hingga ke bagian belakangnya.

Dari depan terlihat motor ini memiliki dua lampu utama dengan LED sebagai penerangan. Seinnya dibuat terpisah, dan terpasang di tameng depan. Sementara itu,setang yang dipakai mirip dengan gaya motor adventure dengan panel instrumen digital di atasnya.

Dari samping terlihat, sepeda motor listrik ini memiliki desain bodi pendek dan terlihat tidak menutupi roda belakang, serta ada tempat duduk model single seater. Seperti produk skuter matik lainnya, rodanya menggunakan diameter 14 inci, dengan sepatbor di bagian atasnya.

Melansir dari Rushlane, Senin 30 November 2020, gambar Kymco F9 yang beredar di media internet memang lebih terlihat seperti motor konsep. Meski demikian, skute tersebut akan dijual di wilayah Asia Timur dengan wujud yang sama.

Terkait jantung penggeraknya, motor baru Kymco F9 dibekali motor listrik 9,4 kW yang disandingkan bersama transmisi otomatis 2 percepatan khusus untuk skuter listrik.

Sebagai sumber energi, dipasang baterai lithium-ion 96 V, 40 Ah yang bisa dipakai berkendara sejauh 120 kilometer sesuai NEDC (New European Driving Cycle). Pengisisan ulang daya listrik baterai, diklaim hanya butuh waktu 2 jam saja.

Tak hanya berpenampilan sporty, Kymco F9 dirancang untuk jago ngebut. Akselerasi dari 0-50 kilometer per jam hanya butuh 3 detik. Tentu saja ini cukup membantu ketika sepeda motor listrik menemani aktivitas penggunanya di dalam kota. Meski demikian, kecepatan maksimumnya hanya mencapai 110 kilometer per jam saja.

Sampai saat ini, Kymco belum menyebut secara pasti terkait waktu peluncuran, beserta banderol yang akan ditawarkan kepada para konsumennya.

Baca juga: Mobil Listrik Dipakai ke Luar Kota, Bisa Ngecas di Rest Area?