Permintaan Pelek Motor 13 Inci Meningkat

Pelek sepeda motor
Sumber :

VIVA – Sebelum adanya pandemi, industri sepeda motor di Indonesia setiap tahunnya mencatat angka penjualan sebanyak lebih dari 6 juta unit.

Deretan Motor Listrik yang Curi Perhatian di PEVS 2024, Mirip Honda ADV hingga BMW CE 04

Angka ini diprediksi akan kembali tercapai pada tahun depan, seiring mulai pulihnya perekonomian masyarakat. Ditambah lagi, jumlah unit yang diekspor juga mulai bertambah.

Para penyedia komponen mulai bersiap menambah kapasitas produksi, guna memenuhi kebutuhan tersebut. Seperti yang dilakukan oleh PT Meshindo Alloy Wheel.

Video Pengendara Honda ADV Terjatuh Akibat Potong Jalan Sembarangan

Perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan pelek ini menambah jalur produksi untuk pelek kendaraan bermotor kategori L, atau pelek sepeda motor berdiameter 13 inci. Hal itu mendapat apresiasi dari Kementerian Perindustrian.

“Keberhasilan dalam mengembangkan usaha dan menambah investasi, menunjukkan bahwa investasi di Indonesia merupakan pilihan menarik dan tepat,” ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BBPI) Kemenperin, Doddy Rahadi, melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Kamis 17 Desember 2020.

Dua Motor Honda Ini Banjir Pesanan di GIIAS 2022

Doddy menuturkan, Meshindo Alloy Wheel yang berdiri sejak 1991 telah mendapat sertifikat SNI ISO 9001:2015 untuk sistem Manajemen Mutu.

Selain itu, produk yang mereka buat juga mendapatkan Standar Proses Penerbitan Sertifikat Produk Penggunaan Tanda Standar Nasional Indonesia dari Balai Besar Bahan dan Barang Teknik Kemenperin.

Adanya penambahan investasi tersebut, diharapkan Doddy bisa terus berlanjut agar ketergantungan produk impor bisa dikurangi. Sebab, beberapa produk hulu dari industri pelek masih belum diproduksi di dalam negeri.

Direktur Produksi Meshindo Alloy Wheel, Syamsuri mengungkapkan, produksi pelek kategori M dan penambahan lini produksi pelek Kategori L dengan merek dagang MSD bisa semakin mengukuhkan perusahaannya sebagai produsen pelek terbesar di Indonesia, dengan kapasitas 840 ribu buah per tahun.

“Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah, khususnya kepada Kemenperin selaku pembina industri, yang telah mendukung para pelaku industri untuk bisa meningkatkan utilisisasi, meski saat pandemi seperti ini,” ungkapnya.

Sebagai informasi, sepeda motor yang menggunakan pelek berukuran 13 inci di Indonesia saat ini adalah Honda ADV 150 dan Yamaha NMax.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya